HONDA

Musim Tanam 2022 Dimajukan November

Musim Tanam 2022 Dimajukan November

TUBEI - Musim Tanam Pertama (MT I) tahun 2022, rencananya akan dimajukan tahun ini. Sesuai keinginan Bupati Lebong, Kopli Ansori, MT I ditarget sudah terlaksana November. Teknisnya harus dilaksanakan serentak guna meminimalisir serangan hama.

“Mudah-mudahan MT I nanti bisa diikuti oleh seluruh petani agar hasilnya lebih maksimal,” kata Kopli.

Sengaja jadwalnya dipercepat dengan tujuan Musim Tanam Kedua (MT II) bisa dilaksanakan Mei atau Juni. Jika MT I tetap dilaksanakan seperti jadwal selama ini, rata-rata petani baru mulai panen Mei sehingga MT II baru bisa dilaksanakan Agustus.

“Karena lahan sawah yang baru dipanen perlu dipersiapkan kembali untuk bisa ditanami kembali dan teknisnya butuh waktu yang tidak singkat,” terang Kopli.

Terkait sarana dan prasarana pendukung, Kopli akui telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis menunjang program tanam dua kali setahun. Yakni Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) serta Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) untuk mengoptimalkan pembangunan irigasi.

“Sejak awal tahun sudah saya sampaikan seluruh paket kegiatan irigasi bisa diselesaikan sebelum November sehingga ketika masyarakat mulai melakukan tanam tidak ada lagi kendala,” demikian Kopli. (sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: