HONDA

Pembangunan Dermaga Kahyapu Pulau Enggano Dimulai

Pembangunan Dermaga Kahyapu Pulau Enggano Dimulai

 

BENGKULU - Pembangunan dermaga di kawasan Desa Kahyapu Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Bengkulu, akan segera dilaksanakan.

Keberadaan dermaga ini juga nantinya sebagai infrastruktur pendukung di Pulau Enggano. BACA JUGA: Rehab Rampung, Penggunaan Pelabuhan Kahyapu Enggano Tunggu Uji Sandar

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Darpinuddin mengatakan, pengerjaan tahap pertama pembangunan dermaga tersebut difokuskan pada pembangunan di sisi laut Pulau Enggano.

Setelah pembangunan sisi laut rampung, baru dilanjutkan penggerjaan dermaga digencarkan.

"Difokuskan pembangunan di sisi lautnya terlebih dahulu sebagai tahap pertama. Untuk tahap pertama ini sudah mulai akan dijalankan karena informasinya material pembangunan sudah masuk di kawasan tersebut," kata Darpin, Jumat (5/11).

Lanjutnya, untuk anggaran yang digelontorkan dalam pembangunan dermaga tahap pertama  difokuskan pada sisi laut sendiri berkisar Rp 2,8 miliar.

"Mudah - mudahan kalau tahap ini selesai dan dermaga sudah jadi akses penumpang dan barang dapat lebih mudah ke kawasan Enggano. Kalau untuk anggarannya sendiri semula dianggarkan Rp 2,8 miliar melalui dana APBN," tukas Darpin.

Sebelumnya pembangunan dermaga Kahyapu di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu akan dilaksanakan pada tahun 2020 namun tertunda lantaran pandemi COVID-19. BACA JUGA: Proyeksi APBD Minim, DL dan Bimtek Dibatasi

Kendati demikian Kementerian Perhubungan tetap mengagendakan rencana pembangunan dermaga yang terletak di Pulau Enggano.

Merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia tersebut pada tahun ini. (tok)

Simak Video Berita   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: