HONDA

Tingkatkan Kreativitas Pendidikan, Pengurus BAN SM Dilantik

Tingkatkan Kreativitas Pendidikan, Pengurus BAN SM Dilantik

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Optimalkan jiwa kreativitas para siswa-siswi menjadi PR penting dalam dunia pendidikan. Ini disampaikan oleh Ketua Ketua BAN-S/M Provinsi Bengkulu, Dr. Komarudin, S.Pd.,M.Pd.

Kreativitas ini, juga menjadi salah satu indikator penilaian pada status akreditasi yang bakal dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Bengkulu.

"Kita akan melakukan kemitraan kepada stakeholder di dunia pendidikan. Baik itu di provinsi, kabupaten maupun di Kementerian Agama," kata Komarudin usai pengukuhan kepengurusan BAN-SM Provinsi Bengkulu masa tugas 2022-2025 di aula Soekarno LPMP Bengkulu, Selasa (1/3).

Dijelaskannya untuk mengoptimalkan capaian target ini, maka pihaknya akan menggandeng mitra khususnya di lingkup pendidikan sekolah madrasah.

Apalagi, tahun ini pihaknya diamanatkan sekolah yang tidak sedikit, untuk diakreditasi. BACA JUGA: Keluarga Tolak Pemakaman Secara Prokes

"Kita akan menggalang organisasi-organisasi profesi seperti Apsi, PGRI, untuk bagaimana sama-sama sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di provinsi ini," jelasnya.

Walaupun masa pandemi Covid-19, lanjutnya, kegiatan untuk optimalisasi akreditasi sekolah madrasah masih terus berjalan.

Pihaknya diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan berupa sosialisasi dan edukasi kepada sekolah madrasah sasaran. Tentunya memperhatikan kebijakan yang ada di setiap pemerintah kabupaten kota.

"Misalnya kita akan melaksanakan kegiatan luring atau daring itu sudah diatur, " paparnya.

Akreditasi 12 Madrasah

Sebagai kolektif dalam BAN SM, kata Komarudin, untuk masa tugas ini, selain memang sudah dan akan melaksanakan apa yang ada di RUK juga terkait pelaksanaan akreditasi sekolah. Kemudian sosialisasi, dan penguatan terhadap asesor. BACA JUGA: Tim Labfor Palembang Selidiki Penyebab Kebakaran Kantor Camat Ratu Agung

"Semua kebijakan yang sudah ditetapkan. Kita juga akan sounding terhadap beberapa aktivitas di luar program kerja, yang sudah diterapkan," jelasnya.

Ditambahkan, Sekretaris BAN-S/M Provinsi Bengkulu, Drs. H. Munajam, M.Pd, bahwa tahun ini dari instruksi BAN Pusat, BAN SM Provinsi Bengkulu diminta untuk akreditasi sebanyak 12 sekolah madrasah.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengoptimalkan lebih banyak sekolah madrasah yang dapat akreditasi tahun ini.

"Nantinya tentu ada kemitraan dan sebagainya yang bisa kita lakukan. Targetnya untuk tahun ini melalui kebijakan BAN pusat ada 163 sasaran, namun sasaran yang akan dicapai 724 sekolah," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam pengukuhan kepengurusan BAN-SM Provinsi Bengkulu masa tugas 2022-2025 BAN SM Provinsi diketuai oleh Dr. Komarudin, S.Pd.,M.Pd. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: