HONDA

Buka Konektivitas Padang Capo Seluma-Empat Lawang

Buka Konektivitas Padang Capo Seluma-Empat Lawang

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Pembangunan infrastruktur strategis membuka konektivitas Provinsi Bengkulu dengan provinsi tetangga, hingga saat ini terus diupayakan. Ini disampaikan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Ia menegaskan, hal yang akan difokuskan termasuk untuk peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan eksisting Sukaraja - Padang Capo, yang melintasi Taman Buru Semidang Bukit Kabu sepanjang 3,05 km.

Serta, Hutan Lindung Bukit Sanggul Sepanjang 12,2 km. Hingga terhubung ke Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). BACA JUGA: Terlibat Perampasan, Mama Muda Tak Ditahan, Positif Covid-19 Jadi Alasan 

Untuk itu, pihaknya melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala BKSDA Ditjen KSDA dan Ekosistem Kementerian LHK dengan Gubernur Bengkulu tentang Pembangunan Strategis Dalam Rangka Peningkatan dan Pemeliharaan Ruas Jalan Eksisting Sukaraja-Padang Capo Kabupaten Seluma, di Ruang Rapat Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (1/3).

"Tadi sudah kita tandatangani PKS-nya, jadi Kementerian LHK telah setuju kawasan tersebut dimanfaatkan untuk membangun konektivitas. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat Padang Capo dan sekitarnya," kata Rohidin.

Dalam penandatanganan PKS itu dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu dan perwakilan Korem 041/ Gamas Bengkulu.

Ditambahkan, Plt Kadis LHK Provinsi Bengkulu Safnizar bahwa, terhadap lahan Taman Buru Semidang Bukit Kabu dan Hutan lindung Bukit Sanggul Sepanjang yang dibebaskan untuk akses jalan ini akan dilakukan pengerjaan melalui program TMMD. BACA JUGA: Kantor Camat Ratu Agung Tetap Buka Pelayanan

"Semua persyaratan sudah selesai, kita tinggal menunggu AMDAL-nya yang saat ini masih proses. Semoga tahun ini pengerjaannya bisa dimulai," paparnya.  

Waktu Efisien

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Seluma, Agus Salim menyampaikan, nantinya bila ada jalan tembus ini maka akan mengefisiensi waktu mobilitas. Baik untuk transportasi angkutan maupun lalu lintas umum.

"Tentu kita dukung, bila itu jadi terbangun. Juga akan bermanfaat bagi warga sekitar. Baik yang Bengkulu maupun Sumsel," sampainya.

Di samping mempercepat mobilitas, juga berpotensi meningkatkan pendapat. Dengan menekankan biaya ongkos kirim barang baik dari maupun menuju Bengkulu.

"Apalagi izin sudah dikantongi, dari Kementerian telah setuju kawasan tersebut dimanfaatkan untuk bangun jalan ini," pungkasnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: