Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Sudah Vaksin Covid 19, Ortu Khawatir Imunisasi Anak

Sudah Vaksin Covid 19, Ortu Khawatir Imunisasi Anak

   

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com - Sebanyak 3.107 anak - anak di wilayah UPTD Puskesmas Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko, akan jadi sasaran pemberian imunisasi dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Pinang, Ns. Bayu Arfina Faridawati, S. Kep menerangkan, rinciannya 1.863 anak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Laku, 370 anak di bangku pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK).

Serta sebanyak 874 anak yang terdaftar di Posyandu.

'Sasaran BIAN ini, anak - anak berusia 9 bulan sampai dengan yang duduk di bangku SD. Kita ada 10 SD, 11 PAUD dan TK, dan 12 Posyandu,” kata Bayu kepada rakyatbengkulu.com.

BACA JUGA: Minimal Buka Kelas Baru 15 Siswa, Jurusan Bangunan di SMK Makin Ditinggalkan

 Diharapkan orangtua tidak perlu ragu atau khawatir atas pemberian imunisasi terhadap anak - anaknya. Meskipun anak - anak sekarang juga diharuskan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sebab imunisasi yang diberikan, merupakan kegiatan rutin yang sudah dilakanakan setiap tahunnya.

 “Ini imunisasi rutin, jadi tidak usah ragu dengan anak - anak mendapatkan imunisasi dan juga vaksin. Insya Allah, semuanya aman. Imunisasi ini juga untuk kepentingan daya tahan tubuh dan kesehatan anak,” sampainya.

 BIAN lanjutnya, bertujuan untuk melindungi anak - anak di wilayah UPTD Puksesmas Lubuk Pinang, dari penyakit yang memang dapat dicegah melalui imunisasi. Manfaat BIAN, dapat mencegah kesakitan dan kecatatan yang bisa menyerang anak - anak akibat dari campak, rubella, polio, difteri, hepatitis B, meningitis, batu rejan dan radang paru.

 “BIAN adalah, pemberian imunisasi tambahan campak-rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat,” jelasnya.

BACA JUGA: Sapi Tidak Dikandang, Vaksinasi Terkendala

Sasaran SD

Untuk siswa SD, sasaran terbanyak di SDN 03 Lubuk Pinang, sebanyak 386 siswa, terdiri 192 siswa laki-laki dan 194 siswa perempuan. Disusul SDN 01 Mukomuko, sebanyak 360 siswa, terdiri 184 siswa laki-laki dan 176 siswa perempuan.

Lalu di SDN 02 Lubuk Pinang, berjumlah 221 siswa, terdiri 111 siswa laki-laki dan 110 siswa perempuan.

“Kalau di PAUD dan TK, tidak terlalu banyak. Hanya puluhan jumlahnya di setiap PAUD dan TK. Posyandu ini, ada yang jumlah sasarannya sampai 121 anak, di Posyandu Ranah Karya. Terus di Posyandu Suka Pindah 103 anak dan Posyandu Arah Tiga sebanyak 105 anak,” demikian Bayu. (hue) Simak Video Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: