Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

20.842 Dosis Vaksin Sia-sia Dikembalikan

 20.842 Dosis Vaksin Sia-sia Dikembalikan

Petugas kesehatan tengah menjalankan vaksinasi kepada pelajar. foto; dok rb--

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.disway.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang telah mengembalikan 20.842 dosis vaksin yang sudah habis masa berlakunya, atau sudah kedaluwarsa kepada Dinkes Provinsi Bengkulu.

Dengan demikian, setelah dilakukan pengembalian vaksin tersebut, stok vaksin yang ada di Dinkes Kepahiang hanya tersisa jenis Pfizer.

Guna mengganti vaksin kedaluwarsa yang diantaranya terdiri dari jenis Astrazaneca dan Sinovac, belum lama ini Dinkes Kabupaten Kepahiang menyampaikan usulan kepada Dinkes Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: Vaksin Covid Semakin Tak Diminati

Meminta tambahan vaksin lanjutnya, sebagai persediaan menggantikan vaksin yang sudah kedaluwarsa.

“Kalau untuk sekarang stok vaksin kita hanya Pfizer saja untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Kepahiang. Kita juga telah mengusulkan ke Provinsi Bengkulu agar mendapatkan suplay stok vaksin pengganti vaksin-vaksin yang telah kedaluwarsa tersebut,” terang  Kabid P2P, Wisnu Irawan, S.Kep, MM.

Dikatakan Wisnu, dikembalikannya vaksin kedaluwarsa kepada Pemprov Bengkulu, selain sebagai laporan atas persediaan vaksin yang ada, juga langkah antisipasi akan kebutuhan vaksin bagi masyarakat ke depannya.

“Terkait vaksin yang sudah kedaluarsa, masyarakat jangan takut dan itu sudah kita kembalikan ke Dinkes Provinsi Bengkulu,” pungkas Wisnu.

BACA JUGA: Insentif Vaksinator Segera Disalurkan

Diketahui sebelumnya, tertanggal 9 Juni lalu, Dinkes Kabupaten Kepahiang menemukan sebanyak 20.842 dosis vaksin Covid 19 yang sudah kedaluarsa.

Terdiri dari 10 jenis vaksin mulai dari Coronavac 140 dosis, Astrazeneca (New Zaeland) 4.780 dosis, Astrazeneca (Thailand) 210 dosis, Chandox 1-S 2.700 dosis.

Moderna 266 dosis, Pfiser Bilateral 1.914 dosis, Pfiser Covax 720 dosis, Moderna 10DS 1.010 dosis, AZ BS Korea 8.430 dosis dan vaksin Covovac 690 dosis.

Sementara untuk capaian vaksinasi di Kabupaten Kepahiang saat ini, dosis I 91,68 persen, dosis II 74,49 persen dan dosis III 8,82 persen dari total sasaran 107.734 jiwa.

BACA JUGA: Mubazir, 116 Ribu Dosis Vaksin Astrazeneca Kedaluwarsa

Dengan capaian di atas, per 19 Juni 2022 Kabupaten Kepahiang berada di peringkat VII terendah di atas, Kabupaten Lebong, Mukomuko dan Kabupaten Seluma. (sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"