HONDA

Gubernur: Infrastruktur Harus Merata

Gubernur: Infrastruktur Harus Merata

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengikuti Rakor Gubernur se-Sumatera, di Ballrom Hotel Premiere Pekanbaru Riau, Kamis (30/1). foto: IST/RBonline--

BENGKULU, rakyatbengkulu.disway.id – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, infrastruktur di Sumatera harus jadi perhatian serius secara bersama-sama. Termasuk bagaimana ikut mendorong Proyek Strategis Nasional (PSN) di Bengkulu dan Sumatera secara umum.

“Termasuk kita mendorong hilirisasi sumber daya alam yang bisa dapat melibatkan semua peran provinsi se pulau Sumatera,” kata Gubernur saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera, di Ballrom Hotel Premiere Pekanbaru Riau pada kemarin lusa (30/6).

Gubernur juga menyepakati untuk melakukan pembentukan forum terkait pengawasan stabilitas harga, ketersediaan dan distribusi, serta akses pembiayaan komoditi pertanian di pulau Sumatera.

BACA JUGA:Dorong Percepatan Kegiatan Infrastruktur

“Kita menyadari, soal sawit saja contohnya saat ini petani babak belur dihajar harga yang begitu rendah. Tentu perlu ada intervensi dan solusi soal ini,” ucapnya.

Apalagi terkait persoalan harga kelapa sawit yang hampir berada di angka terendah pascapencabutan larangan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

“Persoalan harga sawit ini menjadi PR seluruh gubernur se Sumatera. Karena rata-rata provinsi di pulau Sumatera merupakan penghasil kelapa sawit,” ujarnya.

BACA JUGA:Misi Khusus Percepatan Pembangunan Bengkulu, Jalan Tol Hingga Infrastruktur Pulau Enggano

Kemudiaan gubernur juga menyoroti terkait stuting dan kemiskinan ekstrim karena menurutnya ini harus betulbetul dilakukan penangan bersama. “Ini tentu butuh kebijakan khusus dari pemerintah pusat, baik regulasi maupun dukungan program,” tutupnya. (eng/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: