HONDA

Akhirnya TPG Cair

Akhirnya TPG Cair

ilustrasi TPG--

SELUMA – Setelah lama ditunggu, akhirnya Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan ke dua cair. Kamis (21/7) nanti, TPG selama 3 bulan ini akan ditransfer ke rekening masing-masing guru penerima.

“TPG Tw II hari Kamis kami salurkan ke rekening masing-masing guru,” kata Kepala Disdikbud Kabupaten Seluma Supratman, S.Pd, MM, melalui Kasubag Keuangan Herman, SE.

Berdasarkan SK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, penerima TPG triwulan dua ini sebanyak 1.052 guru. Ini berkurang dari penerima TPG triwulan pertama yang mencapai 1056 guru. Padahal sebelumnya disebut ada penambahan enam guru penerima TPG.

BACA JUGA:Rumah Dijual Anak, Lansia Tinggal di Panti

“Tw II untuk 1052 orang dengan total dana sebesar Rp 12,4 miliar,” ujarnya. Untuk anggaran dari pusat sudah masuk ke kas daerah. Tapi pihaknya saat ini masih melakukan proses pengajuan SPPD ke BKD. “Saat ini masih usulan penyediaan dana ke BKD dan verifikasi rekening,” ujarnya.

Sementara itu, guru penerimaan tunjangan nonsertifikasi saat ini masih menunggu SK bupati. Jika sudah ada SK itu, akan dibayar. Untuk jumlah guru nonsertifikasi sebanyak 267 guru.

“Nanti jika sudah turun SK bupati akan dibayarkan kepada sebanyak 267 guru dan besar Rp 200 ribu perbulan,” jelasnya.

Untuk diketahui tunjangan sertifikasi  yang diterima guru sebesar satu bulan gaji pokok dikali tiga bulan. Dengan nominal tunjangan yang diterima setiap guru sekitar  Rp 9 juta hingga Rp 12 juta berdasarkan pangkat dan golongan, namun tetap dikenakan pajak PPh 21 dan iuran BPJS.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: