HONDA

Surat KASN, 4 Pejabat Diikutkan Seleksi Sekda

Surat KASN, 4 Pejabat Diikutkan Seleksi Sekda

Kepala BKPSDM Mukomuko, Wawan Santoni, S.Hut., M.Si-Seno/ist-

Karena Tidak Ada Pendaftar

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.disway.id – Empat pejabat eselon II di Pemkab Mukomuko dipastikan akan diikutkan sebagai peserta seleksi jabatan Sekda Mukomuko.

Meskipun keempat pejabat tersebut tidak pernah mendaftarkan diri sebagai peserta. Mereka ditunjuk langsung Bupati Mukomuko selaku pejabat pembina kepegawaian.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Mukomuko, Wawan Santoni, S.Hut, M.Si menyebutkan adanya kebijakan demikian setelah bupati mendapatkan surat balasan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Mengenai seleksi terbuka jabatan sekda yang sudah dibuka hingga dua kali, namun kosong pelamar.

“Suratnya kita terima Jumat (29/7) kemarin. Rekomendasi dari KASN sesuai di dalam surat itu, mempersilakan Bupati Mukomuko selaku PPK menunjuk empat orang pejabat eselon II mengikuti uji kompetensi calon Sekda,” ujar Wawan.

BACA JUGA:Kepergok Mesum di Pantai Pasar Sebelah Berakhir Damai, Korban Cabut Laporan

Proses pencarian Sekda Mukomuko dengan cara demikian, diakuinya baru pertama kalinya dilakukan. Lantaran seleksi terbuka sebelumnya, hingga diperpanjang masa pendaftaran, tak kunjung ada pendaftar.

“Meski proses pencarian Sekda Mukomuko ini tak lazim, kita memastikan tidak ada pelanggaran aturan. Opsi jalur uji kompetensi memang memungkinkan dilakukan ketika lelang terbuka menemui kendala,” sampainya.

Wawan menjelaskan, meski empat orang itu ditunjuk bupati, namun mereka tetap harus mengikuti tahapan seleksi. Tahapan itu dilaksanakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang sudah ditetapkan.

“Materi uji yang harus dilalui, mulai dari penulisan makalah dan wawancara, penelusuran rekam jejak dan uji kompetensi lain yang dianggap perlu,” jelasnya. Dari empat pejabat eselon II yang yang mengikuti uji kompetensi, hanya 3 orang yang namanya nanti diserahkan ke PPK, dalam hal ini Bupati Mukomuko.

BACA JUGA:Akhir Tahun, Bayar Pajak via Online

Nama-nama itu atas hasil seleksi dari pansel. Baru kemudian bupati menentukan siapa yang dilantik menjadi Sekda Mukomuko defenitif.

“Pansel yang akan melaksanakan tahapan seleksi ada lima orang. Semuanya tidak ada yang dari Pemkab Mukomuko. Mereka itu, tiga orang merupakan akademisi dari Universitas Bengkulu. Dua orang lagi dari pejabat Pemprov yang penunjukkannya langsung oleh Gubernur Bengkulu,” paparnya.

Siapa saja pejabat yang akan direkomendasikan menjadi peserta seleksi jabatan Sekda? Wawan masih enggan menyebutkan. Alasannya, surat penunjukkan keempat orang pejabat itu belum diteken bupati.

Namun dari informasi diperoleh RB, dipastikan salah satu pejabat eselon II itu adalah Penjabat Sekda Mukomuko sekarang, Drs. Yandaryat Priendiana.

BACA JUGA:Lokasi Rumah Adat Disetujui Pindah Tempat

Untuk mendampingi Yandaryat, tidak menutup kemungkinan diikutsertakan Asisten I Setdakab Mukomuko, Dr. Abdianto, SH, M.Si, CLA.

“Untuk siapa-siapa saja, suratnya belum diteken bupati. Nanti kalau sudah ada kepastian, akan kita informasikan,” kata Wawan.

Pastinya tambah Wawan, pansel telah melakukan rapat persiapan. Direncanakan pada 3-5 Agustus 2022, tahapan seleksi sudah mulai digelar. Dan pihaknya telah siap memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Rencananya dalam minggu ini sudah dimulai tahapannya. Tapi sepenuhnya mengenai tahapan seleksi ini, kita serahkan dengan Pansel. Kita berharapnya bisa cepat, agar jabatan Sekda Mukomuko ini segera diisi oleh seorang pejabat," ujarnya.(hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: