HONDA

Nah ! Daun Beringin Berguna untuk Atasi Gangguan ‘Makhluk Tak Kasat’ Mata pada Anak

Nah ! Daun Beringin Berguna untuk Atasi Gangguan ‘Makhluk Tak Kasat’ Mata pada Anak

Tanaman Beringin (Ficus Benjamina) bisa membantu untuk mengatasi ‘Sawan’ pada anak.--dok/rb

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Tanaman Beringin (Ficus Benjamina) bisa membantu untuk mengatasi ‘Sawan’ pada anak. Sawan bagi masyarakat umum dikaitkan dengan gangguan makhluk halus yang membuat bayi menjadi rewel, tidak berhenti menangis, hingga kejang-kejang. Istilah Sawan tidak dikenal  dalam dunia kedokteran. 

BACA JUGA:Menko Airlangga Sebut JBIC Jadikan Indonesia Prioritas Utama di Sektor Kesehatan dan Pangan

Beringin bisa berdiri tegak hingga 25 meter tingginya. Percabangan sympodial, permukaan kasar, pada batang tumbuh akar gantung, warnanya coklat kehitaman. Daunnya Tunggal bersilang berhadapan, lonjong, tepi rata, ujung runcing, panjang 3-6 cm dan lebar 2-4 cm.  Bunga tunggal di ketiak daun. Buahnya bulat panjang, ketika masih muda berwarna hijau dan berubah menjadi merah setelah tua.

BACA JUGA:Cacar Monyet Berstatus Darurat Kesehatan Global

Beringin atau Waringin. Kadang disebut juga Caringin dipercaya berkhasiat mengobati Sawan pada anak-anak. Caranya, ambil daun Beringin secukupnya, cuci dan rebus dengan 5 liter air selama 25 menit. Air rebusan tersebut, setelah dingin, digunakan untuk mandi anak yang sedang sakit.

BACA JUGA:Didukung BRI, Usaha Dawet Kemayu Bangkit Dari Keterpurukan

Secara ilmiah, Sawan bisa disebabkan gangguan sinyal otak atau epilepsi. Pemicunya, bisa jadi karena infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan demam. Kejang-kejang juga bisa disebabkan faktor genetik dan lingkungan.  

BACA JUGA:Transformasi Perpustakaan Kolaborasi Stakeholder, Bangun Literasi Masyarakat

Atau kemungkinan lain, Epilepsi, yaitu gangguan sistem persarafan sentral yang menyebabkan aktivitas pada otak menjadi abnormal. Bayi rewel dan tidak berhenti menangis bisa jadi tanda kolik. 

BACA JUGA:Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia, BMKG Prakirakan Bengkulu Termasuk

Jika terjadi Sawan pada bayi, umumnya dunia kedokteran akan menyarankan  langkah-langkah sebagai berikut, 1. Baringkan anak di tempat aman dan jauhkan dari benda-benda yang berbahaya; 2. Posisi berbaring miring agar muntahan bisa keluar dan mencegah anak tersedak; 3. Hindari memasukkan apa pun ke dalam mulut, baik itu jari orang tua, sendok atau benda lain; 4. Jangan memberi minum dan biarkan bergerak dengan bebas, jangan ditahan atau dihentikan karena bisa menyebabkan patah tulang; 5. Segera bawa ke rumah sakit terdekat.

BACA JUGA:Airlangga: UI Diharapkan Lahirkan Insan Kesehatan yang Melek Digital

Menurut sejumlah literatur, Beringin kaya akan senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari efek merusak radikal bebas. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penuaan dini serta berbagai penyakit kronis. 

BACA JUGA:Truk Tambang Bisa Isi Solar Subsidi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"