HONDA

Cacar Monyet Berstatus Darurat Kesehatan Global

Cacar Monyet Berstatus Darurat Kesehatan Global

Cacar monyet menjadi darurat global oleh WHO, Satgas memberikan rekomendasi kepada Nakes. --

 

ORGANISASI kesehatan dunia WHO, resmi menetapkan dunia dalam keadaan darurat kesehatan global cacar monyet.  Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam jumpa pers, meminta seluruh negara meningkatkan kewaspadaan.

Anggota kelompok ahli WHO sebelumnya terpecah mengenai apakah wabah cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan global. Sudah ada pengobatan dan vaksin yang efektif untuk cacar monyet, tetapi persediaannya terbatas.

Para ahli WHO yang bertemu pada hari Kamis kemarin memberikan saran kepada kepala WHO Tedros, untuk segera mengumumkan cacar monyet sebagai darurat global.

Setelah melalui kajian matang akhirnya keputusan itu pun disampaikan. WHO mendeklarasikan darurat kesehatan di Jenewa, Sabtu 23 Juli 2022.

BACA JUGA: Pesohor Ikut Terkena 'Demam' Citayam Fashion Week

Tedros menegaskan bahwa komite telah gagal mencapai konsensus, dengan 9 anggota menentang dan 6 mendukung deklarasi, mendorong dia untuk memecahkan kebuntuan.

“Meskipun saya mendeklarasikan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, untuk saat ini wabah ini terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” katanya.

“Stigma dan diskriminasi bisa sama berbahayanya dengan virus apa pun,” tambahnya.

Dalam beberapa minggu terakhir, tekanan telah meningkat dari para ilmuwan dan pakar kesehatan masyarakat untuk WHO dan pemerintah nasional untuk mengambil tindakan lebih lanjut terhadap cacar monyet.

Pakar kesehatan menyambut baik keputusan WHO yang mengeluarkan deklarasi PHEIC yang selama ini hanya diterapkan pada pandemi virus corona dan upaya pemberantasan polio yang terus dilakukan.

Dr Lawrence Gostin, seorang profesor di Georgetown Law di Washington, DC yang mengikuti WHO, mengatakan dia memuji keberanian politik badan tersebut.

“Itu tidak melakukan apa pun selain memoles status WHO. Hasil yang tepat sudah jelas tidak menyatakan keadaan darurat pada saat ini akan menjadi kesempatan bersejarah yang terlewatkan,” jelasnya dilansir Disway.id dari Straits Time, Minggi 24 Juli 2022.

BACA JUGA: PMK di Rejang Lebong Bertambah 24 Kasus, Total 1.089 Kasus

Keputusan itu akan membantu menahan penyebaran penyakit virus, kata Josie Golding, kepala epidemi dan epidemiologi di Wellcome Trust.

“Kita tidak bisa terus menunggu penyakit meningkat sebelum kita melakukan intervensi,” katanya.

Di Eropa dan Amerika Serikat, kasus hampir seluruhnya dilaporkan diantara pria yang berhubungan seks dengan pria.

Bahkan komite juga mengatakan akan mempertimbangkan kembali jika kelompok lain mulai melaporkan kasus, terutama anak-anak atau orang lain yang lebih rentan terhadap virus di wabah masa lalu di negara-negara endemik.

Sejauh tahun ini, ada lebih dari 16.000 kasus cacar monyet di lebih dari 75 negara. Saat komite pertama kali bertemu pada akhir Juni lalu, hanya ada sekitar 3.000 kasus.

WHO juga telah memberikan saran dan pembaruan sejak wabah dimulai pada awal Mei. Pada pertemuan pertama komite ahli, kelompok itu mengatakan akan mempertimbangkan kembali posisinya pada deklarasi darurat jika wabah meningkat.

Pada hari Jumat, Amerika Serikat mengidentifikasi dua kasus cacar monyet pertama pada anak-anak.

Setiap perubahan pada virus itu sendiri, yang menyebar melalui kontak dekat dan menyebabkan lesi dan gejala seperti flu, juga dapat memicu pemikiran ulang, kata komite tersebut.

BACA JUGA: Penyidik Kumpulkan CCTV Magelang-Jakarta

Kelompok tersebut sekarang dibagi antara mereka yang berpikir deklarasi darurat akan mempercepat upaya untuk mengatasi penyakit, dan mereka yang tidak berpikir kriteria di atas telah terpenuhi karena penyakit tersebut belum menyebar ke kelompok orang baru atau memiliki tingkat kematian yang tinggi.

Pejabat WHO mengatakan mereka sedang menjajaki kemungkinan penyebaran virus melalui mode penularan baru.

Tedros Adhanom Ghebreyesus menambahkan, meluasnya wabah cacar monyet di lebih dari 70 negara adalah situasi luar biasa yang sekarang memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.

Status keadaan darurat Kesehatan global ini dirancang WHO untuk membunyikan alarm bahwa respons internasional yang terkoordinasi diperlukan dan dapat membuka pendanaan serta upaya global untuk berkolaborasi dalam berbagi vaksin dan perawatan.

Dilansir dari Associated Press (AP), Tedros membuat keputusan menjadikan cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global di tengah kurangnya konsensus diantara para ahli yang bertugas di komite darurat badan kesehatan PBB.

BACA JUGA: Geger Penyegelan 1 Kontainer Berisi Senjata US Army

Ini adalah pertama kalinya kepala badan kesehatan PBB mengambil tindakan seperti itu.

“Wabah (Cacar monyet) yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” kata Tedros.

“Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota komite,” tambahnya.

Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, tetapi penunjukan tersebut tidak berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan.

Saat itu pihak berwenang mendeteksi lusinan epidemi di Eropa, Amerika Utara, dan tempat lain.

Mendeklarasikan keadaan darurat global berarti wabah cacar monyet adalah peristiwa luar biasa yang dapat meluas ke lebih banyak negara dan membutuhkan respons global yang terkoordinasi.

WHO sebelumnya menyatakan keadaan darurat untuk krisis kesehatan masyarakat seperti pandemi Covid-19, wabah Ebola Afrika Barat 2014, virus Zika di Amerika Latin pada 2016 dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio. 

 

BACA JUGA :Polres Selidiki Jaringan Pengedar Upal

Mulai Menyerang Asia Tenggara

Sementara itu pihak berwenang di Phuket menyiapkan sejumlah langkah untuk menangani penyakit cacar monyet setelah Thailand menemukan kasus pertama penyakit itu.

Sekitar enam hingga tujuh orang telah melakukan kontak erat dengan pria yang terinfeksi di Phuket, demikian keterangan Departemen Pengendalian Penyakit Thailand dikutip kantor berita TNA pada Jumat.

Rumah sakit swasta di Phuket telah memberitahu Departemen Pengendalian Penyakit bahwa ada seorang terduga terinfeksi cacar monyet.

Pejabat departemen dan kantor kesehatan masyarakat Phuket menemukan pria berusia 27 tahun asal Nigeria yang terinfeksi pada 18 Juli 2022.

BACA JUGA: Masa Penahanan Sekda Benteng Diperpanjang

Pria itu datang dari Nigeria dan menjelaskan dia mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, ruam, dan lepuh dalam sepekan terakhir. Lepuh dimulai dari alat kelamin kemudian menyebar ke wajah, tubuh, dan lengan.

Tes PCR yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn dan Departemen Ilmu Kedokteran mengkonfirmasi pria tersebut terinfeksi virus cacar monyet pada 19 Juli 2022.

Kepala kesehatan masyarakat Phuket dr Koosak Kookiatkul mengatakan warga tidak perlu panik karena cacar monyet tidak mudah menular.

Ia menambahkan penyakit itu mirip dengan penyakit cacar air yang hanya akan menular melalui kontak langsung dengan pasien yang memiliki lepuh atau melalui bersin di wajah orang.

Simak Video Berita 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id

"
"