HONDA

Peralihan Musim Hujan, Konsumsi Makanan Menguatkan Imun, Yuk Cek Tips Terhindar Penyakit

Peralihan Musim Hujan, Konsumsi Makanan Menguatkan Imun, Yuk Cek Tips Terhindar Penyakit

Peralihan Musim Hujan, Konsumsi Makanan Menguatkan Imun, Yuk Cek Tips Terhindar Penyakit--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Berdasarkan prakiraan BMKG, sebagian wilayah di Indonesia akan mulai hujan pada bulan Oktober - Desember 2023 ini. Hujan akan turun dengan perkiraan mencapai 68,24 persen. Musim hujan umumnya dikaitkan dengan peralihan angin timur (monsun Australia) ke angin barat (monsun Asia). 

BMKG memperkirakan hingga November 2023 angin timur diperkirakan masih akan berlanjut, terutama di wilayah Indonesia bagian Selatan. Di bagian lain, diperkirakan angin barat akan datang lebih lambat.

BACA JUGA:Masuk Musim Penghujan, Waspadai Demam Berdarah

Beberapa daerah yang mulai hujan, yakni sebagian besar wilayah Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera  bagian barat tengah dan sebagian kecil Kepulauan Riau. Musim hujan selanjutnya akan terjadi di Sumatera Tengah dan Selatan, disusul hampir berturut-turut di Kalimantan dan Jawa.

Lalu secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada Maret hingga April 2024. Peralihan menuju musim hujan dapat melemahkan daya tahan tubuh kita, sehingga rentan terserang penyakit.

BACA JUGA:Keistimewaan Weton Kelahiran Kamis: Dikenal Pribadi Pantang Menyerah Raih Kesuksesan

Beberapa penyakit juga lebih sering muncul karena kondisi musim hujan yang menyebabkan berkembang biaknya virus dan bakteri. 

Menjaga tubuh tetap sehat saat musim hujan penting dilakukan, apalagi bagi orang yang tinggal di negara tropis. Hal ini karena saat musim hujan tiba, tubuh kita lebih rentan terserang penyakit. Mulai dari flu, diare, hingga demam berdarah. 

BACA JUGA:Cuti Kerja ke Bali Aja! Gunakan Dana Siaga: Pinjam Rp 5 juta dengan Cicilan 15 Ribuan Perhari

Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, kamu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan melakukan vaksinasi. Simak tips selengkapnya.

Pertama, perbanyak mengkonsumsi makanan yang menguatkan imun tubuh. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, terutama yang mengandung protein, zinc dan vitamin A, C, D, E.

BACA JUGA:Guru Wajib Tahu Ini, Tagih Uang SPP Siswa di Muka Umum Masuk Bulliying Berat

Beragam nutrisi tersebut berperan penting dalam menunjang daya tahan tubuh, sehingga tubuh dapat tetap sehat di musim hujan. 

Selain mengonsumsi makanan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Agar tubuh kmau tidak mudah sakit saat musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: