HONDA

Pemkab Kaur Segera Terapkan E-Absen dan E-Kinerja

Pemkab Kaur Segera Terapkan E-Absen dan E-Kinerja

Pemkab Kaur Segera Terapkan E-Absen dan E-Kinerja--ical/rakyatbengkulu.com

BINTUHAN, RAKYATBENGKULU.COM - Demi mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi, Pemkab Kaur Provinsi Bengkulu melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kaur, kembali merancang ide dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital.

Yakni penerapan Elektronik Kinerja ( e-Kinerja ) dan Elektronik Absensi ( e-Absensi ) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur.

Rencana tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi tentang Perencanaan e-Kinerja dan e-Absensi, serta mengatasi tempat Blank Spot di Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Tingkatkan Sinergi Danlanal Kunjungi Bupati Kaur

Rapat koordinasi tersebut dihadiri langsung Bupati Kaur, H. Lismidianto, SH, MH, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Tim IT Universitas Muhammadiyah (UM) Bengkulu dan Tim Icon Plus. Bertempat di Ruang Kerja Bupati Kaur, Senin, (16/10).

Dalam upaya meluruskan rencana baik tersebut, Dinas Kominfo Kabupaten Kaur menggandeng pihak Universitas Muhammadiyah (UM) Bengkulu dan pihak Icon Plus sebagai mitra kerja, dalam membantu pemerintah daerah mengembangkan rencana penerapan e-Kinerja dan e-Absensi di lingkungan Pemkab Kaur.

BACA JUGA:Masya Allah, Bisa Kaya Raya Mendadak! Warga Kaur Jual Ambergris Miliaran Rupiah

Selain secara luring, Bupati Kaur juga melakukan pembicaraan secara daring dengan pihak UM Bengkulu dan Icon Plus melalui Google Meet pada saat rapat tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Kaur menyambut baik dan mendukung sepenuhnya rencana penerapan e-Kinerja dan e-Absensi di lingkungan Pemkab Kaur.

"Saya mendukung sepenuhnya rencana ini untuk menjadikan Kabupaten Kaur yang semakin digital. Demi kelanjutan rencana ini, saya minta semua pihak yang terlibat untuk terus melakukan komunikasi, koordinasi dan kerja sama yang baik," ujar Lismidianto.

BACA JUGA:Pilkades, PMD Kabupaten Kaur Pastikan Serentak 22 Oktober, Berikut Jumlah dan Nama Desa

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur, Dr. Drs. Ersan Syahfiri, MM menambahkan, bahwa rencana ini adalah salah satu target utama di dalam Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kaur, Lismidianto - Herlian Muchrim.

Namun dengan adanya banyak hal baru, diharapkan dapat dilaksanakan di tahun ini.

"Ya, sebenarnya masalah ini sudah lama kita rencanakan dan sebelumnya sudah masuk dalam salah satu target utama program pemerintah daerah saat ini. Saya berharap dengan adanya e-Absensi dan e-Kinerja ini, nanti seluruh SDM aparatur yang ada di pemerintahan daerah menjadi lebih produktif, efektif dan berkualitas," harap Sekda.BACA JUGA:Pinjaman Renovasi Rumah: per Bulan Hanya Rp2.037.300, Syarat Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Sehubungan dengan hal ini juga, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Kaur, M.Jarnawi, S.Pd, M.Pd menjelaskan, bahwa aplikasi Elektronik Kinerja ( e-Kinerja ) dan Elektonik Absensi ( e-Absensi ) Pemkab Kaur ini dibangun berbasis Web, atau biasa disebut Web Based Programming.

Tujuan dari pembuatan sistem aplikasi Elektronik Kinerja ( e-Kinerja ) dan Elektronik Absensi ( e-Absensi ) pemerintah daerah ini, adalah untuk mempermudah pengelolaan kinerja ASN pada instansi  atau satuan kerja yang ada di lingkungan pemerintah daerah, khususnya di Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Sudah Tidak Tahan! Ingin Cepat Kawin, 526 Anak Dibawah Umur di Kepahiang Datangi Pengadilan

"Titik sentral aplikasi Elektronik Kinerja dan Elektonik Absensi ini dilakukan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga dapat diketahui jumlah kehadiran, pembayaran uang makan, pembayaran tunjangan kinerja, pelaporan kinerja, sasaran kerja pegawai (SKP), dan penilaian prestasi kerja ASN pada satuan kerja yang ada di pemerintah daerah," ungkapnya. (Prw/Diskominfo/cil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: