HONDA

Lupa Matikan Kompor Saat Masak Air, Rumah Bedeng di Rejang Lebong Nyaris Ludes Dilalap Api

Lupa Matikan Kompor Saat Masak Air, Rumah Bedeng di Rejang Lebong Nyaris Ludes Dilalap Api

Lupa Matikan Kompor Saat Masak Air, Rumah Bedeng di Rejang Lebong Nyaris Ludes Dilalap Api --Dokumen/rakyatbengkulu

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Satu unit rumah bedengan milik Sahada (60) nyaris ludes akibat peristiwa kebakaran yang terjadi di Gang Zainal Abidin RT. 02 RW. 01 Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong, Sabtu 28 Oktober 2023 sekira pukul 09.30 WIB.

Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh tetangga korban Reno yang melihat kepulan asap dari rumah korban Sahada sehingga warga sekitar mendobrak pintu rumah korban yang dalam keadaan terkunci untuk memadamkan api.

Kepala Dinas Pemadam kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Feri Najamudin SH menuturkan rumah bedeng milik Sahada ini dikontrakkan kepada Lesi (35) dan diduga sumber api berasal dari api kompor yang tidak dipadamkan sehingga terjadilah kebakaran di ruangan dapur.

"Dua unit pemadam kebakaran diturunkan, dibantu warga sekitar 10 menit api berhasil dipadamkan dan kerugian ditaksir sekitar Rp20 juta," ungkap Feri Najamudin. 

BACA JUGA:Kebakaran Ruko Dua Lantai di Kepahiang Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong AKBP Judo Trisno Tampubolon S.ik melalui Kasi Humas Iptu Sinar Simanjuntak menerangkan awal mula kejadian penghuni bedengan Lesi meninggalkan rumah bedeng sekitar pukul 09.15 WIB.

Dan kemudian pergi ke rumah bedeng anaknya tak jauh dari lokasi. Namun, saat meninggalkan rumah bedeng tersebut korban memasak air di kompor dan pintu rumah bedeng dalam keadaan terkunci.

"Sekitar pukul 09.30 WIB tetangga Lesi yakni Reno dan tetangga sekitar melihat ada gumpalan asap serta api yang berasal dari atap rumah bedeng. Melihat api dan asap, saksi dan warga langsung mendobrak pintu rumah bedeng yang dalam keadaan terkunci serta warga melihat kompor gas terbakar," terang Kasi Humas.

Sembari warga setempat memadamkan api, warga juga menghubungi pihak damkar Rejang Lebong sehingga api berhasil dipadamkan.

BACA JUGA:Diselimuti Kabut Asap, BPBD Klaim Tidak Ada Kebakaran Hutan, Berikut Penjelasan Penyebabnya

"Beruntung tidak merambah ke bedengan yang lainnya. Menghimbau kepada masyarakat agar tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kompor masih menyala dan selalu memperhatikan apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran seperti membakar sampah dan arus pendek listrik.

Dan kepada para perokok agar tidak membuang puntung rokok sembarangan," imbaunya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: