HONDA

Apa Perbedaan TV Android dengan Smart TV? Cek Mana yang Lebih Unggul!

Apa Perbedaan TV Android dengan Smart TV? Cek Mana yang Lebih Unggul!

Cek mana yang lebih unggul TV Android atau Smart TV, serta perbedaannya.--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kebanyakan orang belum mengetahui terkait perbedaan antara Smart TV dengan Android TV. Padahal kedua jenis barang elektronik tersebut jenis televisi yang berbeda. 

Adapun Smart TV ini sering dikenal sebagai TV Internet, televisi yang bisa mengakses program tambahan melalui internet atau dengan kata lain sama dengan memiliki komputer yang tertanam pada televisi.

Pada Smart TV ini mempunyai aplikasi bawaan yang memungkinkan bisa bermain game, menonton video, dan streaming film, termasuk juga seperti Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya.

Akan tetapi sistem operasi pada Smart TV ini pada umumnya tidak dapat di-upgrade, maka tidak bisa mengakses aplikasi yang terbaru.

BACA JUGA:Resmi Dirilis di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harga Smartphone Vivo V29e

Untuk TV apa pun yang menyediakan konten online, apa pun sistem operasi yang dijalankannya, bisa digolongkan sebagai Smart TV.

Sedangkan Android TV ini mempunyai hampir semua fungsi dari Smart TV, tetapi dengan sistem operasi Android yang didukung oleh Google.

Untuk beberapa produsen TV bisa saja mempunyai sistem operasi bawaan sendiri saat meluncurkan Smart TV. Merangkum dari berbagai sumber, untuk lebih jelas perbedaan Android TV dengan Smart TV antara lain:

BACA JUGA:Spek 'Gahar' Smartphone Nokia Magic Max 2023 5G, Siap Saingi iPhone Pro Max, Intip Harga dan Spesifikasinya di

1. Program Aplikasi

Walaupun keduanya, Android TV dan Smart TV ini mendukung sejumlah aplikasi populer, akan tetapi jumlahnya jelas berbeda.

Karena memiliki dukungan Android App Store yang berisi lebih dari 10.000 aplikasi, hal ini memberikan Android TV keunggulan mutlak pada program aplikasinya.

Di sini toko aplikasi ini memungkinkan pengguna Android TV bisa mendowload dan memakai berbagai aplikasi seperti yang ada di smartphone.

Untuk Smart TV yang menjalankan sistem operasi lain, seperti Tizen OS atau WebOS, aplikasi yang didukung akan terbatas. Hanya beberapa aplikasi bawaan terkenal yang bisa diaksesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: