HONDA

Jauhkan dari Tempat Bising, Sebaiknya Kandang Menghadap ke Timur, Penangkaran Murai Batu

Jauhkan dari Tempat Bising, Sebaiknya Kandang Menghadap ke Timur, Penangkaran Murai Batu

Jauhkan dari Tempat Bising, Sebaiknya Kandang Menghadap ke Timur, Penangkaran Murai Batu--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Para penangkar murai batu umumnya paham bagaimana ruangan yang baik untuk penempatan kandang atau sangkar ternak pada burung kicauan pemakan serangga seperti murai batu.

Faktor sukses dan tidaknya dalam beternak bisa dipengaruhi jenis indukan serta sangkar ternak. Termasuk ruangan yang tepat dan nyaman untuk menempatkan pasangan murai batu. 

BACA JUGA:Ajaib! Ini Dia Ramuan Rahasia untuk Bikin Murai Batu Gacor dan Fighter

Tantangan terbesar peternakan murai batu adalah dampak stresnya. Per Anda sadari peternak harus peduli dengan kenyamanan ternaknya.

Pertama pastikan ruangan ternak memiliki sirkulasi udara yang baik, artinya jangan terlalu besar ventilasinya sehingga angin sangat banyak masuk ke dalam ruangan.  

BACA JUGA:Kenali ciri-ciri Burung Murai Batu Bermental Juara, Jangan Salah Pilih

Tetapi juga jangan terlalu kecil, sehingga kandang menjadi pengap, panas dan burung mudah stres.

Burung yang kepanasan akan banyak minum dan berkurang mengkonsumsi makanan. Akibatnya kekurangan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA:Ciri Ciri Trotol Murai Batu Berkualitas, Anakan Bersuara Nyaring, Perlu Perhatikan Indukan

Kedua kandang jangan terlalu terang atau gelap. Perlu pengaturan cahaya dalam kandang, supaya tidak terlalu gelap atau terang. Sebab bila terlalu gelap akan lembab dan terlalu terang akan panas. 

Ketiga, Hindari membuat atap berbahan seng. Sebab atap seng begitu terik matahari, kandang murai batu akan sangat panas. Ini membuat keadaan telur atau indukan jadi kurang nyaman dan tidak baik. 

BACA JUGA:Dikenal sebagai Burung Kicau Paling Populer di Indonesia, Kenali Beragam Jenis Burung Murai Batu

Keempat, buatlah suasana alam di sekitar ruangan. Contohnya membuat kolam kecil di sekitar kandang dan ditanami juga dengan pohon peneduh atau tanaman perdu supaya lebih sejuk.

Kelima jauhkan ruangan dari tempat bising. Sebaiknya tidak membuat kandang di pinggir jalan raya, dekat mesin-mesin atau dekat ruangan yang di dalamnya digunakan untuk bekerja hingga menimbulkan suara bising.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: