HONDA

Bumi Pekal Terbentuk, Ketahun Berpeluang jadi Ibukota, Kabupaten di Provinsi Bengkulu Bertambah

Bumi Pekal Terbentuk, Ketahun Berpeluang jadi Ibukota, Kabupaten di Provinsi Bengkulu Bertambah

Ketua LPPM Unib menandatangani perjanjian kerja sama untuk melaksanakan kajian akademik penentuan ibukota calon Kabupaten Bumi Pekal.--SHANDY/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Jumlah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu bakal bertambah. Ini seiring rancangan Bumi Pekal yang sudah terbentuk. Rancangannya, Kecamatan Ketahun yang saat ini bagian dari Kabupaten Bengkulu Utara, berpeluang jadi ibukota kabupaten. 

BACA JUGA:Daftar Tunggu Ibadah Haji Bengkulu Utara 21 Tahun, Jumlah Calon Jemaah yang Akan Berangkat Segini

Calon Kabupaten Bumi Pekal merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara. Tahap akhir pemenuhan syarat proposal permohonan pembentukan Kabupaten Bumi Pekal saat terus dikebut Pemkab Bengkulu Utara. Satu persyaratan terakhir, yakni kajian akademik terkait rencana lokasi kecamatan dan titik pusat ibukota calon Kabupaten Bumi Pekal.

BACA JUGA:Irigasi Banyak Jebol di Kabupaten Bengkulu Utara, Dewan pun Desak Segera Perbaiki

Untuk kajian akademik ini, Pemkab Bengkulu Utara sudah menggelar penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu (Unib), pada Senin (6/11/2023). Dalam PKS tersebut dirancang Ketahun sebagai ibukota kabupaten ini jika calon Kabupaten Bumi Pekal nanti resmi terbentuk.

BACA JUGA:Semakin Parah ! Kerusakan Jalan Lintas Bengkulu Utara – Lebong, Butuh Perbaikan Segera

Asisten I Pemkab Bengkulu Utara, Rahmat Hidayat, S.STP, M.Si menerangkan, sebelumnya Unib sudah melakukan kajian kelaikan pembentukan rencana Kabupaten Bumi Pekal. Kajian terkait lokasi ibukota kabupaten juga menjadi satu persyaratan akhir.

BACA JUGA:Kayu Gadis, Kayu Langka Asli Nusantara, Memiliki 12 Sebutan Nama yang Berbeda-beda

“Kita bekerjasama kembali dengan LPPM Unib untuk meminta bantuan melakukan kajian,” terangnya.

BACA JUGA:Kayu Gadis, Adalah Kayu Eksotis dan Bertuah, Daunnya juga Menghasilkan Minyak Berkhasiat

Ia juga memaparkan beberapa potensi terutama lahan yang dimiliki Pemkab Bengkulu Utara dan siap dihibahkan jika dibutuhkan. Beberapa lahan Pemkab Bengkulu Utara yang siap dihibahkan guna mendukung rencana pemekaran kabupaten Bumi Pekal terdapat di Kecamatan Putri Hijau dan Kecamatan Ketahun.

BACA JUGA:17 Jenis Kayu yang Beredar di Depot Kota Bengkulu, Berikut Lengkap dengan Harga per Kubik

“Dua titik lahan tersebut siap kita hibahkan jika dibutuhkan. Lahan itu dari pelepasan lahan HGU perusahaan yang sudah milik Pemkab Bengkulu Utara,” jelas Rahmat.

BACA JUGA:Bawa Perubahan Signifikan dalam Bidang Fotografi, Terobosan Kamera Flagship Melalui OPPO Find N3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: