HONDA

WOW! Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

WOW! Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Ternyata ada di Indonesia pulau terpadat di dunia.--Foto: Facebook.com/Agusharianto

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Indonesia negara kepulauan yang memiliki banyak pulau-pulau, baik yang berpenghuni maupun yang belum.

Karena itulah Indonesia dikenal dengan negara seribu pulau di mata dunia.

Di Indonesia ada sebuah pulau yang bernama Pulau Bungin terletak di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Bungin ini merupakan sebuah pulau di daerah terpencil, yang dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia.

BACA JUGA:Pulau Terunik Dunia ke-10, Pulau Lumba-Lumba Dibentuk dari Terumbu Karang Berwarna Putih

Pada pulau ini terdapat suku yang hidup dan menetap di pulau ini, suku-suku tersebut mayoritas berasal dari suku Bajo Sulawesi Selatan yang telah tinggal pada pulau Bungin ini sejak dari 200 tahun yang lalu.

Diketahui Pulau Bungin ini mempunyai luas kurang lebih 8,5 hektare, dan tidak mempunyai garis pantai ataupun lahan hijau bahkan tidak ada lahan kosong di pulau ini. 

Dikarenakan itulah Pulau Bungin ini disebut pulau terpadat di dunia. Adapun jarak antar rumah di Pulau Bungin ini hanya berjarak 1,5 meter saja.

Asal mula Suku Bajo bermukim di pulau ini berawal dari migrasi pada ratusan tahun yang lalu dan hingga menetap pada pulau ini. 

BACA JUGA:Sensasi Liburan di Pulau Tak Berpenghuni, Buat Suasana Hati dan Pikiran jadi Tenang

Pada mulanya suku bajo ini hidup dengan rumah di atas air laut, lama kelamaan semakin bertambahnya para penduduk di setiap tahunnya.

Mereka akhirnya membuat daratan dengan menimbun laut dengan batu karang yang telah mati.

Di Pulau Bungin ini terkenal akan wisata kuliner seafoodnya, dan telah banyak terdapat restoran apung yang menyajikan berbagai hidangan laut.

Pada sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan, dan pada setiap rumah mempunyai perahu pribadi untuk mencari ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: