BANNER KPU
HONDA

Jarang Diketahui: Ini Manfaat Daun Jengkol Muda untuk Kesehatan Kulit

Jarang Diketahui: Ini Manfaat Daun Jengkol Muda untuk Kesehatan Kulit

Jarang Diketahui: Ini Manfaat Daun Jengkol Muda untuk Kesehatan Kulit--tokopedia.com/ CAHAYA HERBAL OBAT DAN TANAMAN/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Apakah anda tahu daun jengkol yang muda memiliki manfaat untuk kesehatan? Anda mungkin tidak menyangka jika daun jengkol yang kita anggap tidak bemanfaat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Daun jengkol muda ini bagian dari pohon jengkol, yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan. Daun ini dari pohon jengkol yang biasanya berada di paling ujung dahan.

Mereka biasanya memiliki warna merah keunguan gelap dan tekstur yang lembut. Daun ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

BACA JUGA:Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan: 10 Manfaat Ajaib

Daun jengkol (Pithecollobium lobatum Benth) memiliki manfaat untuk mengobati kulit biasanya masyarakat menggunakan daun jengkol untuk obat eksim, seperti kudis, luka, dan bisul. 

Para penelitian mengungukapkan bahwa Daun jengkol mengandung saponin, flavonoid dan tanin. Dan menurut ahli (Salni 2011) fraksi etil asetat yang ada pada daun jengkol bisa konsentrasi 160 ppm mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus ATCC 25923.

BACA JUGA:Cascara: Teh dari Kulit Buah Kopi, Punya Banyak Khasiat dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Masyarakat biasanya membuat ekstrak daun jengkol untuk pengobatan luar adalah dengan membakar atau mengasapi daun jengkol, lalu di haluskan atau ditumbuk, setelah itu, daun jengkol yang sudah ditumbuk di balurkan ke kulit yang terkena kudis, luka, dan penyakit kulit lainnya.

Disisi lain, banyak yang menjual daun jengkol muda karena mereka percaya bahwa daun jengkol memiliki banyak manfaat.

Daun jengkol muda memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Berikut adalah 10 manfaat utamanya:

BACA JUGA:Bukan Cuma Mengobati Kesurupan, Inilah Deretan Manfaat Lain Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Nutrisi dalam daun jengkol muda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membantu melawan penyakit.

2. Mencegah tulang keropos dan Radang Sendi : Antiinflamasi alami dalam daun jengkol muda dapat membantu mencegah tukang keropos dan peradangan pada sendi.

BACA JUGA:Kaya Vitamin dan Mineral, Ternyata Ini Deretan Manfaat Buah Melinjo untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: