HONDA

Singgung Senioritas Politik, Pengamat Anggap Incumbent DPD Lebih Diunggulkan

Singgung Senioritas Politik, Pengamat Anggap Incumbent DPD Lebih Diunggulkan

Pemerhati Politik dan Komunikasi Universitas Bengkulu (Unib) Dr. Alfarabi, S.Sos, MA.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Peluang kemenangan calon incumbent legislatif pada setiap Pemilu memang lebih diunggulkan setiap kali penyelenggaraan Pemilu. 

Faktor pengalaman politik lokal terlebih tercatat masih menjabat aktif sebagai anggota DPD RI menjadi poin yang menguntungkan pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu pada pesta demokrasi dari rakyat untuk rakyat pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Pemerhati Politik dan Komunikasi Universitas Bengkulu (Unib), Dr. Alfarabi, S.Sos, MA, Jumat 17 November 2023.

Senioritas dalam dunia politik itu bisa saja mempengaruhi, tapi faktor masyarakat memilih itu jika tidak memiliki ikatan kekeluargaan yang kuat, tidak dekat dengan kawula muda yang diketahui pemilihnya saat ini banyak generasi muda, dan faktor kedaerahannya, tidak akan menang. Jadi cukup banyak yang mempengaruhi seseorang calon itu bisa menang pada pemilu nanti,” terang Al Farabi.

BACA JUGA:Temui Wamendag, Sultan B Najamudin Salurkan Aspirasi Masyarakat Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah

Sultan saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPD RI dan tercatat telah terpilih sebagai anggota DPD RI selama dua periode, sedangkan Ahmad Kanedi saat ini menjadi anggota aktif DPD bersama Riri Damayanti dan Eni Khairani. 

Kedua Srikandi DPD RI asal Bengkulu saat ini tidak mencalonkan kembali menjadi anggota DPD RI pada Pileg tahun 2024.

“Sebetulnya semua yang mencalonkan diri pada Pemilu nanti, memiliki peluang yang sama, begitu juga untuk seorang petahana calon Senator, memang satu langkah lebih maju ketimbang yang baru mencalonkan diri,” katanya.

Alfarabi mengemukakan, petahana calon DPD RI yang sebelumnya sudah terorganisir, dan sudah berpengalaman dalam artian senioritas, sangat berpengaruh dan bisa kembali untuk memiliki peluang lebih besar lagi dalam mencapai kemenangannya. 

BACA JUGA:Sultan B Najamudin: Selamat Dilantik, Saatnya Penuhi Janji Kampanye Kepada Rakyat

Hanya saja sebetulnya, calon baru juga memiliki potensi besar, asalkan memiliki sistem yang dibangun dan komunikasi kepada masyarakat selaku konstituen se-Provinsi Bengkulu.

Terlebih lagi dengan aktivitas mereka sebagai incumbent yang aktif, bisa melakukan aktivitas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Menurutnya lagi, karena hingar bingar pesta demokrasi ini belum terlihat, karena sepertinya semua calon masih menahan diri untuk menarik simpatik masyarakat. 

Tetapi yang jelas, calon-calon yang dekat yang dengan masyarakat, berpeluang bisa menang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: