HONDA

Sejarah Gempa Bumi Dahsyat di Bengkulu, Benteng Marlborough Tak Runtuh

Sejarah Gempa Bumi Dahsyat di Bengkulu, Benteng Marlborough Tak Runtuh

Benteng Marlborough tak runtuh, begini sejarah gempa bumi dahsyat di Bengkulu.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sejarah gempa bumi yang dahsyat menghantam Bengkulu, 23 tahun yang lalu yang terjadi pada tanggal 4 Juni 2000.

Dimana gempa bumi yang menghantam tersebut berkekuatan 7,3 skala richter, dalam artian daya guncang dari gempa tersebut sangat besar. Bahkan banyak meluluhlantakkan baik itu rumah, gedung, jembatan dan banyak hal lainnya.

Dalam kejadian gempa tersebut banyak korban yang berjatuhan, baik itu yang tewas maupun luka-luka, banyak bangunan dan fasilitas yang rusak.

Hal inilah yang menyebabkan gempa di tahun 2000 tersebut menjadi suatu kejadian yang tidak bisa dilupakan dalam ingatan orang Bengkulu.

BACA JUGA:Doa dan Amalan Mustajab Saat Hadapi Gempa

Adapun gempa dengan magnitudo yang menghampiri Bengkulu pada waktu itu, tercatat pada BMKG sekitar pada angka 7,3 skala richter.

Imbas dari kejadian tersebut, ribuan warga Bengkulu berhamburan keluar rumah dan berserabutan lari untuk menyelamatkan diri ke tempat lahan terbuka pada malam hari.

Selain itu akibat getaran gempa tersebut sempat membuat warga Bengkulu panik, karena ditakutkan gempa dapat memancing terjadinya tsunami.

Getaran gempa tersebut terasa hingga Lubuklinggau, Padang, Palembang, Lampung serta sebagian wilayah Jakarta.

BACA JUGA:Gempa Bumi! Ini 5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Gempa Bumi Terjadi

Dalam kejadian tersebut banyak orang yang selamat, namun demikian tidak sedikit juga yang menjadi korban akibat gempa itu.

Banyak bangunan yang rusak, bahkan mencapai belasan ribu, dari rumah tinggal, toko, ruko, sekolah hingga tempat ibadah.

Walaupun begitu, tidak sedikit bangunan yang bertahan dari guncangan gempa tersebut, salah satunya adalah Benteng Marlborough.

Benteng ini terlihat masih berdiri dengan kokohnya tanpa ada kerusakan yang berarti akibat gempa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"