HONDA

BOP Kesetaraan Bengkulu 2024 Rp15 Miliar: Terbesar Kota dan Kaur

BOP Kesetaraan Bengkulu 2024 Rp15 Miliar: Terbesar Kota dan Kaur

BOP Kesetaraan Bengkulu 2024 Rp15 Miliar: Terbesar Kota dan Kaur--dok/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Kesetaraan tahun 2024, untuk Provinsi BENGKULU, mencapai Rp15,3 miliar. Dana BOP Kesetaraan tersebut dibagi untuk 9 kabupaten dan 1 kota se-Provinsi BENGKULU.

Dana ini untuk membantu biaya operasional lembaga pendidikan yang mengelar pendidikan kesetaraan di Provinsi Bengkulu, untuk tahun 2024 mendatang. 

Pendidikan kesetaraan adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum setara SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA yang mencakup program paket A, paket B dan paket C.

BACA JUGA:BOP PAUD Bengkulu 2024 Tembus Rp30 Miliar: Terbesar Kota dan Bengkulu Utara

Dana tersebut dikucurkan pemerintah pusat ke daerah berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik tahun anggaran 2024.

BOP Kesetaraan diberikan ke daerah dalam 2 kategori. Yaitu kategori reguler, yang artinya dana itu diberikan ke seluruh lembaga yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan.

Kemudian kategori kinerja, berarti alokasi dana tersebut hanya diberikan kepada beberapa lembaga yang dinilai punya kinerja baik dan lebih dibandingkan lembaga pendidikan kesetaraan lainnya.

BACA JUGA:Hari Guru Nasional! Simak Rincian Pagu Dana BOS Tahun 2024 Provinsi Bengkulu

Untuk Provinsi Bengkulu, anggaran dana terbesar diperoleh Kota Bengkulu, mencapai Rp5,4 miliar. Terdiri BOP Kesetaraan Reguler Rp5,3 miliar dan BOP Kesetaraan Kinerja Rp135 juta.

Terbesar kedua didapatkan Kabupaten Kaur, mencapai Rp1,8 miliar. Terdiri kategori reguler Rp1,7 miliar dan kategori kinerja Rp135 juta.

Dan Terbesa ketiga, diraih Kabupaten Bengkulu Utara (BU), sebesar Rp1,4 miliar. Rinciannya kategori reguler Rp1,3 miliar dan BOP Kesetaraan untuk kategori kinerja sejumlah Rp90 juta.

BACA JUGA:Selamat Hari Guru! Segini Tunjangan Guru se-Bengkulu Tahun 2024: Ini per Daerah

Berikut ini rincian lengkap perolehan BOP Pendidikan Kesetaraan masing-masing daerah di Provinsi Bengkulu tahun 2024:

1. Kota Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"