HONDA

5 Tips Memilih Ban Sepeda Motor yang Nyaman untuk Dipakai Harian

5 Tips Memilih Ban Sepeda Motor yang Nyaman untuk Dipakai Harian

Memilih ban sepeda motor yang nyaman untuk dipakai harian, berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan.--Foto: Freepik.com/master1305

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam mengganti ban sepeda motor sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Tetapi dalam hal memilih ban sepeda motor ini diperlukan ketelitian.

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat memilih ban sepeda motor, apalagi kalau ban sepeda motor ini dipakai untuk sehari-hari.

Ada beberapa tips di dalam memilih ban sepeda motor seperti memperhatikan sisi keamanan dan kenyamanan pengendaranya, antara lain:

1. Memilih ban dengan tapak sedang

Ban dengan tapak sedang ini sangat pas dipakai untuk sehari-hari dikarenakan memiliki ukurannya yang sedang. Sepeda motor akan lebih irit BBM dan juga lebih stabil serta aman.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Ban Sepeda Motor, Dijamin Awet untuk Dipakai Sehari-hari

Kalau memakai ban yang lebih besar atau lebih lebar ukurannya dari ban standar, maka sepeda motor akan terasa lebih berat.

Dikarenakan mesin sepeda motor tidak mendukung untuk penggunaan ban yang tiga kali lebih besar dari ban standar dan untuk BBM juga akan lebih boros karena mesin akan bekerja lebih keras.

Kalau memakai ban yang tapak kecil maka sepeda motor akan rawan terpeleset bahkan pecah saat di tengah jalan.

Walaupun ban kecil ini lebih lincah dan ringan untuk bermanuver, tetapi pengendara sepeda motor tetap harus memperhatikan juga aspek keamanan.

BACA JUGA:Perlu Tahu, Inilah 7 Tips Perawatan Ban Mobil Agar Tetap Berkualitas dan Awet, Jangan Asal!

2. Memilih jenis ban yang tepat

Produsen ban sepeda motor biasanya mempunyai dua jenis ban yaitu basah dan kering. 

Pada iklim tropis seperti di Indonesia ini maka disarankan memakai ban basah, dimana ban basah ini mempunyai daya cengkram yang tinggi ketika melintasi jalan saat hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: