HONDA

Perlu Tahu, Inilah 7 Tips Perawatan Ban Mobil Agar Tetap Berkualitas dan Awet, Jangan Asal!

Perlu Tahu, Inilah 7 Tips Perawatan Ban Mobil Agar Tetap Berkualitas dan Awet, Jangan Asal!

Perlu Tahu, Inilah 7 Tips Perawatan Ban Mobil Agar Tetap Berkualitas dan Awet, Jangan Asal!--Foto: Freepik.com/jcomp

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pernahkah Anda memikirkan bagaimana fungsi sebuah ban pada kendaraan? Sehingga menyadari bahwa ban adalah satu satunya komponen mobil yang berhubungan dengan jalan.

Mengabaikan perawatannya bisa berujung pada banyak hal yang dapat merugikan Anda.

Sebaliknya perawatan ban mobil, dapat menjadikan ban mobil berkualitas dan tetap awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

Tidak susah untuk melakukan perawatan ban mobil. Anda hanya perlu mengikuti 7 langkah berikut agar mendapatkan ban mobil berkualitas dan tetap awet:

BACA JUGA: Ini ! Cara Mengatasi Ban Mobil Makan Sebelah, Bisa dengan Rotasi Posisi Ban

1. Anda Perlu Lakukan Perawatan Ban Mobil Secara Berkala

Tidak perlu menunggu berencana perjalanan panjang untuk melakukan pengecekan dan perawatan ban mobil. Mau ban mobil mahal atau ban mobil murah, ban mobil tetap membutuhkan perawatan secara berkala. 

Jadwalkan sendiri waktu yang paling sesuai untuk Anda. Sisihkan waktu Anda minimal 30 menit untuk setidaknya mengecek tekanan angin dan sisa ketebalan telapak ban. Dan, jangan lupa ban serepnya juga perlu diperiksa.

 2. Lakukan Rotasi Ban

BACA JUGA:3 Hal yang Menyebabkan Ban Mobil Makan Sebelah

Untuk melakukan perawatan ban mobil Anda juga bisa melakukan dari rotasi ban, selama kaki kendaraan Anda tidak mengalami modifikasi.

Selama Anda tidak menggunakan ban yang tipe directional dan rutin melakukan spooring balancing maka rotasi ban seringkali tidak diperlukan lagi.

 Rotasi dibutuhkan untuk menjaga performa ban mobil yang stabil, keausan menyebar secara merata dan stabilisasi saat melakukan manuver kendaraan. 

Tetapi bila Anda mau melakukan rotasi, lakukanlah dengan pengawasan teknisi profesional setelah kendaraan menempuh jarak 5.000 – 10.000 KM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: