HONDA

Terkuak, Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar, Begini Cara Mengatasinya

Terkuak, Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar, Begini Cara Mengatasinya

Terkuak, Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar, Begini Cara Mengatasinya--Foto: Freepik.com/standret

Maka saat menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah daripada yang direkomendasikan pabrikan mobil, mesin akan mengalami detonasi dini atau knocking.

Untuk mengatasi knocking mesin akan mengatur ulang pengapian dan bahan bakar, yang sering kali mengakibatkan penurunan efisiensi pembakaran sehingga dapat meningkatan konsumsi bahan bakar

4. Mobil jarang mendapatkan perawatan

Mobil yang jarang kali diservis atau tidak mendapatkan perawatan yang tepat, juga bisa menjadi penyebab mobil boros bahan bakar.

Hal ini terjadi dikarenakan ada beberapa komponen yang jika tidak dirawat bisa memengaruhi efisiensi bahan bakar. Yaitu salah satunya contoh, busi yang rusak atau kotor dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

Dan contoh lain seperti ketika filter udara kotor atau tersumbat maka kondisi tersebut akan mepengaruhi aliran udara ke mesin. Ini dapat mengganggu campuran udara dan bahan bakar yang tepat, sehingga memaksa mesin untuk bekerja lebih keras untuk mencapai kinerja yang baik.

5. Memforsir penggunaan AC

Sistem AC menggunakan kompresor yang ditenagai oleh mesin mobil. Seketika AC dihidupkan secara terus menerus pada suhu yang paling dingin, maka kompresor harus bekerja ekstra untuk mengompresi refrigeran dan mendinginkan ruangan.

Hal Ini akan menambah beban pada mesin, sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan daya yang diperlukan. Peningkatan beban mesin ini dapat membuat bahan bakar jadi boros. 

Cara Mengatasi Mobil yang Boros Bahan bakar

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab mobil boros bahab bakar, Anda bisa melakukan beberapa cara ini agar konsumsi bahan bakar kendaraan Anda menjadi lebih efisien dan irit. Berikut beberapa di antaranya:

1.  Periksa tekanan angin pada ban

Pastikan tekanan angin pada ban kendaraan sudah sesuai dengan rekomendasi produsen. Dan ingat, ban yang terlalu kempes atau terlalu keras dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

2. Memberikan perawatan berkala

Lakukan servis kendaraan secara teratur dan rutin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: