HONDA

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Sepeda Motor, Simak 4 Tips Berikut Ini

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Sepeda Motor, Simak 4 Tips Berikut Ini

Simak 4 tips berikut Ini untuk mengetahui waktu yang tepat mengganti ban sepeda motor.--Foto: Facebook.com/Najwannajwan

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMBan sepeda motor merupakan perangkat yang penting dan hal utama yang harus menjadi perhatian.

Terdapat salah satu risiko dari ban sepeda motor seperti ban aus yang bisa membuat berkendara menjadi berbahaya. Ban akan menjadi licin dan kekuatan cengkramannya tidak akan sekuat saat ban masih di dalam kondisi ideal.

Terdapat beberapa tips untuk mengetahui waktu yang tepat mengganti ban sepeda motor, antara lain:

1. Memperhatikan kondisi alur ban 

Kalau kondisi alur ban yang telah menipis atau sudah gundul merupakan salah satu faktor untuk segera mengganti ban sepeda motor. 

BACA JUGA:5 Tips Memilih Ban Sepeda Motor yang Nyaman untuk Dipakai Harian

Adapun kondisi seperti ini bisa mempengaruhi kenyamanan pengendara dalam berkendara dan bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. 

Selain itu ban sepeda motor yang gundul ini akan terasa jauh lebih licin saat dipakai berkendara. Apalagi disaat musim hujan yang bisa membuat risiko terjadi ban selip dan pengendara akan tergelincir sewaktu-waktu. 

Kalau merasa ban sepeda motor dalam kondisi aus atau gundul maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

2. Memperhatikan jarak tempuh kendaraan

Untuk ban sepeda motor bagian depan direkomendasi agar diganti setelah dipakai menempuh jarak sampai 12.000 km. Sedangkan ban belakang sepeda motor disarankan untuk menggantinya setelah berkendara 10.000 km.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Ban Sepeda Motor, Dijamin Awet untuk Dipakai Sehari-hari

Akan tetapi patokan angka tersebut tidak sesuai, dimana pengendara masih dapat memakai ban sepeda motor dengan jarak tempuh tersebut kalau memang kondisinya masih terlihat ideal.

Pengendara harus memastikan kalau tidak adanya retakan, benjol atau bagian yang aus yang bisa menggangu kenyamanan berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: