HONDA

WOW! Ini Dia Manfaat Luar Biasa Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

WOW! Ini Dia Manfaat Luar Biasa Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

Untuk kesehatan tubuh, ini dia manfaat luar biasa daun meniran. --dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Rumput meniran siapa sangka mempunyai banyak manfaat yang terkandung untuk tubuh manusia.

Rumput meniran ini sering disangka hanya rumput biasa yang tidak memiliki kegunaan. Meniran atau Phyllanthus biasanya digunakan untuk obat herbal.

Bentuk tanaman ini biasanya berukuran pendek memiliki daun yang kecil-kecil pada batangnya. Di daerah seperti Tiongkok herbal ini untuk pengobatan diabetes, organ hati, penyakit kuning dan malaria.

Rasa yang ditimbulkan dalam mengonsumsi daun meniran ini di lidah terasa asam dan pahit namun ada sensasi dingin. Tidak sampai disitu, khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan menjadi alternatif  herbal lainnya.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pala untuk Kecantikan, Mengontrol Minyak Berlebih dan Menutup Pori-pori Wajah

Seorang dokter Ferry Juliawan, M.Th melalui akun YouTubenya mengatakan, daun meniran memiliki kandungan nutrisi seperti tannin, flavonoid, saponin, filantin, triterpenoid dan hipofilantin sebagai anti oksidan.

"Berdasarkan nutrisi tersebut menjadikan daun meniran mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan," katanya.

Perlu juga diperhatikan dosis yang digunakan dalam mengonsumsi meniran ini sebanyak 500 mg per hari. Begitu banyak manfaat rumput meniran ini bagi kesehatan manusia, diantaranya:

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Genjer untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

1. Untuk Mengurangi Sel Kanker

Beberapa ilmuwan percaya herbal ini bisa digunakan dalam penyembuhan sel kanker. Dengan kandungan yang ada di meniran sebagai anti tumor. 

Pada sebuah studi mengatakan ekstrak tanaman tersebut terdapat senyawa polifenol sebagai anti oksidan yang menginduksi apoptosis. Sehingga dapat mengganti sel lama dengan sel baru.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi yaitu tekanan darah yang tinggi pada seseorang dapat diturunkan melalui tanaman ini. Hipertensi awal mula merembetnya penyakit kronis lainnya seperti jantung dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: