HONDA

Kerajaan Jeumpa, Kerajaan Islam Pertama di Sumatera Sebelum Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Jeumpa, Kerajaan Islam Pertama di Sumatera Sebelum Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Islam pertama di Sumatera sebelum Kerajaan Samudera Pasai yakni Kerajaan Jeumpa.--Foto: Facebook.com/Payjarotsujarwo

BACA JUGA:Bukan Islam, Ternyata Ini Agama Pertama dari Kerajaan Pagaruyung Beserta Sejarah dan Peninggalannya

Agama Islam pun berkembang pesat di antara penduduk Kerajaan Jeumpa. Akhirnya Syahrianshah Salman memproklamirkan Kerajaan Islam Jeumpa sekitar tahun 777 Masehi.

Karena itulah  Kerajaan Jeumpa ini menjadi kerajaan Islam pertama di Nusantara, dan juga  menjadi salah satu pusat Islamisasi paling awal.

Akan tetapi, banyak dari para sejarawan meragukannya karena catatan sejarah yang membahas tentang muncul dan hilangnya kerajaan ini masih diragukan keabsahannya.

Peninggalan dari Kerajaan Jeumpa ini hanya berupa makam-makam putra raja yang tidak terdapat kaligrafi indah seperti ciri khas batu nisan dari para raja Islam di Aceh.

BACA JUGA:Sejarah Islam di Bengkulu: Libatkan 5 Kerajaan Sebagai Pintu Masuk, Ini Pengaruh Perkembangannya

Kerajaan Jeumpa ini berkembang menjadi salah satu pemerintahan dan perdagangan yang berpengaruh pada sekitaran pesisir utara Pulau Sumatera pada masanya.

Letak geografis Kerajaan Jeumpa yang strategis menjadi modal utama sebagai kota pelabuhan dan transit bagi pelayaran dari China menuju Persia, begitupun  sebaliknya.

Kerajaan Jeumpa memperluas hubungan diplomatik perdagangan dengan kerajaan-kerajaan lain di sekitar Pulau Sumatera ataupun negeri asing, terutama dengan Arab dan China.

Akan tetapi sayangnya, Kerajaan Jeumpa ini tidak bertahan lama dan diperkirakan keruntuhannya terjadi pada 800 Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: