HONDA

7 Keajaiban Kesehatan dari Buah Bit yang Perlu Anda Ketahui

7 Keajaiban Kesehatan dari Buah Bit yang Perlu Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui ada 7 keajaiban kesehatan dari buah bit.--Foto: Freepik.com/miltsova

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Di balik kelezatan rasanya, buah bit ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Tanaman berwarna keunguan ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat, membantu menjaga tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Meskipun disebut buah, buah bit sebenarnya adalah tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah, mirip dengan singkong dan ubi. Namun, bentuk dan warnanya sering kali membuatnya disangka sebagai buah.

Sudah sejak lama, buah bit digunakan dalam pengobatan alami karena kandungan nutrisinya yang melimpah, termasuk karbohidrat, protein, serat, mineral, vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi.

BACA JUGA:7 Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan yang Jarang Kita Diketahui

Selain itu, buah bit rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, serta kaya akan antioksidan.


Tanaman berwarna keunguan ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat, membantu menjaga tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit kanker.--Foto: Freepik.com/olik84

Keajaiban Kesehatan dari Buah Bit:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah bit mengandung nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di tubuh, berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Studi menunjukkan bahwa jus buah bit mampu mengurangi tekanan darah sedikit, berkat pigmen merah betalain dan antioksidan di dalamnya.

BACA JUGA:10 Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Tradisional Diabetes

2. Mencegah Pikun

Kandungan nitrit diduga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, membantu mencegah gejala pikun. Oleh karena itu, buah bit direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: