HONDA

Cek Kosmetikmu! BPOM Rilis 135 Produk Mengandung Merkuri

Cek Kosmetikmu! BPOM Rilis 135 Produk Mengandung Merkuri

Cek Kosmetikmu! BPOM Rilis 135 Produk Mengandung Merkuri--Freepik.com//ArtPhoto_studio/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Anda harus pastikan kosmetik yang digunakan aman. Oleh sebab itu, cek kosmetikmu, supaya terhindar dari kosmetik yang mengandung merkuri.

Terbaru, rilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ada 135 produk kosmetik positif mengandung merkuri. Selain itu, BPOM juga rilis 46 produk, yang juga mengandung bahan berbahaya non-merkuri, Desember 2024.

Rilis tersebut setelah BPOM melakukan pemeriksaan untuk periode September 2022 hingga Oktober 2023. BPOM menemukan 135 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya merkuri melalui siaran pers pada 8 Desember 2023. 

BACA JUGA:Buah Lai, Sering Jadi Bahan Tambahan Kosmetik, Menjaga Kesehatan Syaraf dan Kulit

Masyarakat dihimbau untuk semakin waspada atas beredarnya berbagai macam kosmetik yang tidak memenuhi standar kesehatan dan produk yang dilarang ataupun sudah pernah diumumkan dalam public warning sebelumnya. 

Selalu lakukan pengecekan melalui situs resmi BPOM serta melihat cek kemasan, label, izin edaran dan tanggal kadarluwarsanya sebelum membeli sebuah produk kecantikan. 

Jangan sampai anda terjebak dengan produk yang dilarang yang akan membahayakan kulit anda kedepannya hingga menimbulkan penyakit yang berbahaya. 

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Begini Cara Menentukan Warna Baju dan Kosmetik yang Cocok dengan Tone Kulit Agar Cantik

Menurut Permenkes nomor 57 tahun 2016, zat merkuri elemental dan metil merkuri sangat toksik terhadap sistem saraf pusat dan perifer. Untuk merkuri anorganik, menyebabkan iritasi pada mata, kulit dan saluran pencernaan, hingga berakibat pada gangguan ginjal bila tertelan.

BPOM merupakan badan yang mengawasi peredaran produk-produk yang berada dipasaran, dengan tujuan melindungi hak-hak konsumen dalam mengetahui kandungan produk tersebut berbahaya atau tidak untuk kesehatan. 

Jangan lupa cek produk kosmetik mu masuk dalam daftar atau tidak karena menjaga kesehatan itu lebih baik dari dini sehingga terhindar dari bahaya zat terlarang yang tidak baik bagi tubuh.

BACA JUGA:BPOM Bengkulu Sita Ribuan Kosmetik Ilegal Berbahaya Senilai Rp92 Juta, Merek Apa Saja?

Dikutip dari website resmi BPOM pom.go.id, inilah daftar 135 produk kosmetik mengandung merkuri berdasarkan hasil pengawasan BPOM periode September 2022 hingga Oktober 2023:

1. La Widya Collagen Day Cream

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: