HONDA

Abbas Ibnu Firnas, Bapak Dirganta Dunia, Temukan Parasut dan Pesawat Layang

Abbas Ibnu Firnas, Bapak Dirganta Dunia, Temukan Parasut dan Pesawat Layang

Abbas Ibnu Firnas, Bapak Dirganta Dunia, Temukan Parasut dan Pesawat Layang--Facebook.Com/Sayaberitahu.id//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Berbicara tentang sejarah, sangat banyak sejarah di dunia yang mungkin belum kita ketahui, termasuk orang hebat dalam terciptanya sejarah. Salah satunya Abbas Ibnu Firnas.

Abbas merupakan orang pertama dari abad ke-8 yang mendemontrasikan mesin penerbangan. Dalam sektor dirgantara ia adalah ilmuan muslim pertama yang memiliki gagasan bentuk pesawat. Gagasannya digarap jauh sebelum Wright bersaudara membuat pesawat terbang.

BACA JUGA:Update! 7 Rekomendasi Penginapan dan Hotel di Dekat Destinasi Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Dengan rasa keingintahuan tentang ilmu aerodinamika, Abbas Ibnu Firnas berhasil menemukan parasut dan pesawat layang. Ia memiliki nama lengkap Abbas Abu Al Qasim bin Firnas bin Wirdas al Takurini.

Beliau lahir pada 194 Hijriah atau 810 Masehi di Izn-Rand Onda (Spanyol) di Eropa. Dia dikenal dengan nama Armen Firman. Selama hidupnya ia mengusai seputar teknologi, ilmu alam, kimia, music, sastra dan humaniora.

BACA JUGA:Sejarah Asal-usul Api Ada di Dunia dan Kisah Malaikat Jibril

Dikutip dari buku 200 Tokoh Super Jenius Penemu dan Perintis Dunia karya Iswara N. Raditya, saat itu Abbas Ibnu Firnas telah merancang model pesawat dengan menempatkan bulu pada sebuah bingkai kayu. Rancangan tersebut merupakan rancangan peswat terbang layang pertama di dunia.

Selain itu, dalam buku menjejak Andalusia yang ditulis Riana Garniati Rahayu dan Ibrahim Kholilul Rohman tertulis bahwa Abbas Ibnu Firnas melakukan percobaan terbang pertama dengan melompat dari menara Masjid Agung Cardoba menggunakan bahan sutra yang dibentuk menyerupai sayap.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 7 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan, Cegah Stres, Depresi Hingga Kanker

Abbas Ibnu Firnas juga mengenakan mantel atau jubah longgar keras yang ditopangi dengan kayu. Saat itu ia gagal terbang dan terajatuh.

Beliau terhindar dari kecelakaan besar dan hanya mengalami luka kecil, sebab jubah yang ia pakai berhasil memperlambat jatuhnya dan terhindar dari insiden besar.

BACA JUGA:Soal IKN, Gibran Ultimatum Cak Imin dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres

Setelah 20 tahun saat ia berusia 65 tahun, Abbas Ibnu Firnas berhasil berada di udara selama 10 menit dengan menggunkan model yang saat ini dikenal Hang Glider.

Dikarenakan Lantaran kurang lengkapnya peralatan yang ia pakai saat itu, Abbas pun kembali mengalami kecelakan saat eksprimen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: