HONDA

Terkuak! Ini Penyebab MCB Listrik di Rumah Sering Turun, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Terkuak! Ini Penyebab MCB Listrik di Rumah Sering Turun, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Terkuak! Ini Penyebab MCB Listrik di Rumah Sering Turun, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya --Ilustrasi foto: freepik.com/kuprevich

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pernahkah anda mengalami situasi dimana lampu di rumah anda tiba-tiba padam? Ternyata, salah satu penyebabnya adalah MCB yang tiba-tiba turun. 

Hal ini tentunya sangat merugikan Anda ketika sedang membutuhkan aliran listrik untuk guna menunjang pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Bagi Anda yang belum tahu, MCB (Miniature Circuit Breaker), merupakan salah satu komponen yang penting dalam kelistrikan dan memiliki fungsi untuk melindungi sistem kelistrikan dari kerusakan dan kebakaran akibat arus listrik yang berlebihan atau hubung arus listrik pendek. 

Ketika terjadi kerusakan pada sistem listrik di rumah, maka MCB akan turun dengan otomatisnya. 

BACA JUGA:EM1 E: 2023, Moped Listrik Pertama dari Honda, Cek Harga dan Spesifikasinya di Sini

Berikut ini adalah beberapa penyebab MCB listrik yang sering turun dan cara mengatasinya.

1. Beban listrik berlebihan

Penyebab utama MCB di rumah Anda sering turun karena beban listrik yang terlalu besar. Beban listrik yang terlalu besar ini dapat berasal dari pemakaian alat listrik secara berlebihan.

Dalam hal ini, MCB akan melindungi sistem listrik di rumah Anda dengan cara memutuskan aliran listrik bila beban listrik sudah melebihi kapasitas MCB tersebut.

BACA JUGA:Subsidi Rp 7 Juta, Ini Taksiran Besaran Harga Motor listrik Honda EM1 e: di Pasaran

Contohnya, saat Anda menyalakan beberapa alat listrik secara bersamaan, seperti AC, televisi, kulkas dan mesin cuci, maka beban listrik yang terlalu besar akan membuat MCB turun. 

Ketika Anda berada dalam masalah seperti ini, Anda dapat mengatasinya dengan membatasi beban listrik yang digunakan tidak melebihi kapasitas MCB.

Anda juga dapat menghitung total daya yang diperlukan oleh alat-alat listrik yang di rumah anda akan digunakan kemudian pilih MCB sesuai dengan kebutuhan.

2. Ukuran kabel listrik yang digunakan terlalu kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: