HONDA

9 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh, Jika Ingin Panjang Umur Lakukan Hal Ini

9 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh, Jika Ingin Panjang Umur Lakukan Hal Ini

Jika ingin panjang umur lakukan hal ini, 9 manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh.--Foto: Freepik.com/freepik

Selanjutnya, donor darah bisa mengurangi terjadinya darah jadi mengental. Bila darah mengental, akan terjadi gesekan pembuluh darah dan sel darah pun menjadi semakin besar.

Kondisi ini akan memicu pembuluh darah jadi tersumbat dan penyakit jantung bisa terjadi.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 7 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan, Cegah Stres, Depresi Hingga Kanker

7. Baik untuk Kesehatan Psikologis

Semua orang pasti akan merasakan bahagia setelah dapat membantu orang lain. Hal ini juga bisa di peroleh lewat donor darah.

Dengan mendonorkan darah secara tidak langsung sudah membantu menyelamatkan hidup orang lain yang membutuhkan darah tersebut.

8. Luka Jadi Cepat Sembuh

Dengan melakukan donor darah, otomatis akan membuat sel darah merah dalam tubuh menjadi berkurang. Biasanya, setelah donor darah tubuh akan melakukan penyesuaian akibat berkurangnya sel darah merah itu.

Nah, saat tubuh mengalami luka dan sel darah merah berkurang, tubuh juga akan melakukan penyesuaian untuk menyembuhkan luka tersebut.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Jantung dan Otak dengan Minyak Ikan, Berikut Manfaat Lainnya untuk Kesehatan Tubuh

9. Usia Bisa Lebih Panjang

Dengan melakukan kegiatan donor darah, manfaat secara tidak langsung yang dirasakan adalah bisa membuat usia lebih panjang.

Salah satu alasannya karena sifat tidak mementingkan diri sendiri dan sering berbuat baik yang bisa meningkatkan harapan hidup seseorang jadi lebih lama.

Argumen ini dilansir di jurnal kesehatan Health Psychology milik American Psychological Association (APA) di mana riset menemukan bahwa orang-orang yang rajin melakukan tindakan sukarela memiliki jenjang hidup yang lebih lama.

Itulah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan. Sebelum lanjut melakukan donor darah, pastikan sudah tidur yang cukup semalam serta makan dan minum yang cukup 3-4 jam sebelum donor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: