HONDA

5 Sungai Terpanjang di Sumatera, Ada Sungai Batang Hari dan Sungai Musi di Palembang

5 Sungai Terpanjang di Sumatera, Ada Sungai Batang Hari dan Sungai Musi di Palembang

5 Sungai Terpanjang di Sumatera, Ada Sungai Batang Hari dan Sungai Musi di Palembang --rakyatbengkulu.disway.id

Sungai ini membawa banyak deposit emas, sehingga muncul nama Swarnadwipa atau Pulau Emas, sebutan untuk Pulau Sumatera di zaman dulu. 

Dimana Sungai ini telah menjadi saksi kemunculan Kerajaan Melayu yang cukup disegani, dan kekuasaannya mencakup Sumatera serta Semenanjung Malaya. 

BACA JUGA:Wow Banget! BOS Tahun 2024 Jawa Tengah 5,9 Triliun, BOP PAUD 579,6 Miliar

Sungai Batanghari juga menjadi titik perdagangan penting beberapa kerajaan seperti Sriwijaya dan Dharmasraya pada masa itu. 

 

2. Sungai Musi

Sungai Musi punya panjang mencapai 750 kilometer. Sumber Sungai Musi berada di Bukit Kelam, lokasinya lebih kurang sekitar 15 kilometer dari curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Memilih Warna Makeup! Salah Sedikit bisa Bikin Wajah Anda Tua

Sedangkan muara Sungai Musi berada di Selat Bangkat atau Laut China Selatan. Dimana Sungai Musi menjadi ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Di Kota Palembang ada jembatan Sungai Musi yang ikonik dan bernama Jembatan Ampera. Dimana Sungai Musi ini juga menjadi saksi kemunculan, kejayaan, hingga keruntuhan kerajaan besar zaman dulu yaitu Kerajaan Sriwijaya. 

BACA JUGA:Wow Banget! BOS Tahun 2024 Jawa Barat 9,7 Triliun, BOP PAUD 639,9 Miliar

 

3. Sungai Indragiri atau Batang Kuantan

Panjang Sungai Indragiri atau Batang Kuantan ini mencapai 500 kilometer. Sungai ini terletak di Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi. 

Hulu sungai Batang Kuantan berada di Danau Singkarak, Provinsi Sumatera Barat. Dimana aliran hulu tersebut dinamakan Batang Ombilin, lalu apabila pada saat bertamu Batang Sinamar berubah menjadi Batang Kuantan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: