HONDA

Ini Dia! 4 Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Tetap Adem

Ini Dia! 4 Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Tetap Adem

Ini Dia! 4 Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Tetap Adem--Foto: instagram.com//vanillakismis

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tinggi rendahnya plafon dalam sebuah bangunan rumah, ternyata memengaruhi panas dalam ruang di dalam rumah. plafon yang rendah juga akan mengurangi kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah.

Caranya harus disertai dengan memperbaiki ventilasi udara di dalam sebuah rumah, dan khususnya di area atap dan sekitarnya.

Idealnya, jarak antara lantai dengan plafon adalah 3,0 - 3,4 meter. Lebih dari angka ini, maka rumah akan semakin nyaman untuk dihuni.

Ini dikarenakan hawa panas yang bersumber dari atap rumah, kemudian masuk ke plafon dan turun ke dalam ruangan, maka akan semakin tereduksi dengan jarak yang panjang.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Jenis Atap Rumah Minimalis Terbaik dan Kelebihannya

Namun, kenyataan di lapangan pada saat ini ialah beberapa rumah yang dibangun pengembang memiliki ketinggian plafon sekitar 2,6 - 3 meter saja. 

Hal ini tak bisa untuk dihindari ketika rumah dibeli dari pengembang sehingga pengembang mengaplikasikan plafon yang cukup rendah. 

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar ruang di dalam rumah tetap menjadi adem walau rumah berplafon rendah? Berikut ini cara supaya ruangan dalam rumah tetep adem dan nyaman, diantaranya:

1. Melapisi dengan Aluminium Foil

BACA JUGA:6 Tips Memilih Atap Rumah Berkualitas yang Sesuai Budget

Aluminium foil adalah pelapis dengan anti panas yang berfungsi sebagai isolasi atap. Material ini dipercaya bisa memantulkan panas hingga 97%.

Namun, seberapa besar efektivitas bahan ini tergantung dari jenis dan tebalnya.

Pemasangan aluminium terbilang cukup praktis jika atap belum terpasang, karena bahan ini cukup dengan dijepit di antara reng dan kaso.

Jika konstruksi pada rangka atap sudah jadi, caranya adalah dengan lepas genting, kemudian pasang aluminium foil di kaso lama, lalu jepit dengan kaso yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: