HONDA

Berdiri Sejak Zaman Kolonial Belanda, Ini Dia ! 5 Universitas Tertua di Indonesia

Berdiri Sejak Zaman Kolonial Belanda, Ini Dia ! 5 Universitas Tertua di Indonesia

Berdiri Sejak Zaman Kolonial Belanda, Ini Dia ! 5 Universitas Tertua di Indonesia--Foto: facebook.com/InstitutTeknologiBandung

Tujuan dari pendirian perguruan tinggi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang terbatas pada saat itu yang dikarenakan pecahnya perang dunia ke 1. 

BACA JUGA:Ini Dia Universitas Tertua di Indonesia, Salah Satunya Universitas Indonesia

Di tahun 1924, ITB ini berganti status dari swasta menjadi instansi pemerintah, seiring berjalannya waktu perkembangan ITB pada tahun 90an telah mempunyai banyak program sarjana dengan berbagai departemen.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia ini awalnya  berdiri dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI), Universitas Islam Indonesia berdiri di tahun 1945.

Universitas Islam Indonesia adalah pendidikan tinggi swasta pertama yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Daftar Universitas Terbaik Jurusan Teknik Rekayasa di Dunia Berdasarkan Times Higher Ranking

Diketahui Universitas Islam Indonesia atau UII ini lahir dari sidang umum Masjoemi yang dihadiri oleh beberapa tokoh politik terkemuka pada saat itu seperti KH. Wahid Hasjim dan Moh. Hatta. 

Universitas Islam Indonesia atau UII ini menjadi jawaban akan permintaan sebuah perguruan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan umum dengan ajaran-ajaran Islamnya.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada ini diresmikan oleh pemerintah Republik Indonesia di Yogyakarta pada tahun 1949.

BACA JUGA:10 Universitas Terbaik Luar Negeri Penerima Mahasiswa Beasiswa LPDP: Terbanyak di Inggris

Universitas Gadjah Mada ini didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan untuk penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional. 

Selain itu UGM mempunyai perkembangan yang signifikan sampai pada tahun 1960-an, dimana fasilitas yang tersedia ada rumah sakit, pemancar radio, dan juga sarana-sarana penunjang lainnya yang mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

5. Universitas Nasional (Unas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: