HONDA

Berdiri Sejak Zaman Kolonial Belanda, Ini Dia ! 5 Universitas Tertua di Indonesia

Berdiri Sejak Zaman Kolonial Belanda, Ini Dia ! 5 Universitas Tertua di Indonesia

Berdiri Sejak Zaman Kolonial Belanda, Ini Dia ! 5 Universitas Tertua di Indonesia--Foto: facebook.com/InstitutTeknologiBandung

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pendidikan di Indonesia sudah mulai berkembang sejak pemerintahan kolonial Belanda. Seperti dengan adanya perguruan tinggi yang telah dimulai pada era pemerintahan Hindia Belanda

Namun, program pendidikan yang dibuat oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda ini adalah hasil dari diberlakukannya politik etis.

Karena itu, program pendidikan untuk anak-anak Indonesia pada saat itu hanya sebatas sekolah dasar saja yang mempelajari cara membaca, menulis, dan juga berhitung. Serta diperluas menjadi sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Di masa itu pendidikan perguruan tinggi untuk putra-putri Indonesia terbatas hanya pada bidang kesehatan saja.


Universitas Indonesia jadi salah satu universitas tertua sejak zaman kolonial hindia belanda --Foto: Facebook.com/universitasindonesia

BACA JUGA:Keren! Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Indonesia Menurut Versi THE WUR

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu berdiri sekolah hukum, sekolah pertanian, sampai program studi lain.

Mengutip dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), terdapat 5 perguruan tinggi tertua yang ada di Indonesia, antara lain:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia sudah ada sejak dari tahun 1849, Awalnya Universitas Indonesia ini bernama Nood-universiteit kemudian di tahun 1947 namanya diubah menjadi Universitei van Indonesie yang berpusat di Jakarta. 

BACA JUGA:Unggul! Ini Rekomendasi 4 Universitas Swasta Terbaik di Provinsi Bengkulu

Di tahun 1950, Universitas Indonesia ini telah mempunyai berbagai program studi seperti kedokteran, hukum, sastra, sampai beberapa fakultas yang tersebar pada beberapa daerah.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung atau dikenal dengan ITB ini berdiri pada tahun 1920, pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda mendirikan ITB dengan nama de Techniche Hoogeschool te Bandung atau disingkat TH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: