HONDA

Ini Dia Universitas Tertua di Indonesia, Salah Satunya Universitas Indonesia

Ini Dia Universitas Tertua di Indonesia, Salah Satunya Universitas Indonesia

Ini Dia Universitas Tertua di Indonesia, Salah Satunya Universitas Indonesia --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM- Universitas merupakan suatu institusi pendidikan tinggi serta penelitian, yang memberikan gelar secara akademis dalam berbagai bidang. 

Di dalamnya menyediakan program pendidikan sarjana maupun pascasarjana. Dimana kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang diartikan sebagai ‘komunitas guru dan akademisi’.

BACA JUGA:Harta Melimpah dan Miliki Banyak Warisan, 5 Pemilik Weton Ini Merupakan Titisan Para Raja

Dimana pendahulu universitas sudah ada sejak lama di Asia serta Afrika. Namun sistem universitas modern berakar pada universitas pada abad Pertengahan di Eropa.

Awalnya diciptakan di Italia dan pada dasarnya berakar pada Sekolah Kristen. Dimana pada waktu itu untuk pendeta di masa Abad Pertengahan.

BACA JUGA:Air Samudera Pasifik dan Atlantik Menyatu dengan Kecepatan Berbeda, di Tempat Berbeda Pula

Kalau menurut bahasa latin asli, universitas secara umumnya diartikan sebagai "orang-orang yang terasosiasi dengan sebuah badan, masyarakat, perusahaan, komunitas, kelompok pekerja, korporasi dan lain sebagainya."

Dengan semakin berkembangnya kehidupan urban, serta munculnya kelompok pekerja pada Abad Pertengahan, maka kemudian arti istilah tersebut berkembang menjadi.

BACA JUGA:Inilah Smart TV Samsung Dengan Teknologi Micro LED dan Desain Tipis yang Mengagumkan

Asosiasi siswa dan guru dengan hak legal kolektif yang biasanya dipersetujui dalam sebuah fakta yang dikeluarkan oleh pangeran atau pemimpin kota mereka pada masa itu. 

Universitas yang ada pada zaman dulu memiliki peraturannya sendiri dan bebas menentukan kualifikasi anggotanya sendiri.

BACA JUGA:Promosikan Film 172 Days, Oki Setiana Dewi Dihujat Netizen

Pada masa sekarang, arti kata ini telah berubah menjadi sebuah institusi pendidikan tinggi yang menawarkan pengajaran dalam bidang-bidang nonvokasi dan umumnya memiliki kekuasaan untuk memberikan suatu gelar.

Dari ribuan jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia, ada beberapa universitas yang dikategorikan perguruan tinggi tertua di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: