HONDA

Penting! Agar Hubungan Sosial Sehat, Ini 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Penting! Agar Hubungan Sosial Sehat, Ini 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Ini 10 cara menjaga kesehatan mental, penting dilakukan agar hubungan sosial sehat.--Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kesehatan mental adalah kondisi dimana kesejahteraan psikologis yang memungkinkan seseorang untuk menyadari kemampuannya mengatasi tekanan kehidupan, bekerja secara produktif, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kehidupannya.

Menjaga kesehatan mental merupakan tanggung jawab masing-masing individu. Sebab, diri sendiri  yang memiliki peran penting tersebut dalam merawat dan menjalani hidup yang bahagia dan produktif.

Ada banyak cara sederhana  yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, antara lain seperti dirangkum rakyatbengkulu.com berikut ini.

BACA JUGA:WOW! Melamun Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat yang Jarang Diketahui

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Dengan tidur yang cukup dapat membantu tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan pulih dari stres dan tekanan sehari-hari.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur setiap malam. Namun, kebutuhan tidur setiap orang bisa berbeda-beda. Jika Anda merasa lelah di siang hari atau sulit untuk berkonsentrasi, mungkin Anda membutuhkan lebih banyak waktu tidur.

2. Olahraga Secara Teratur

Dengan berolahraga secara teratur dapat menghasilkan hormon endorfin, yang memiliki efek antidepresan dan meningkatkan suasana hati. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

BACA JUGA:Hati-Hati Gangguan Kesehatan Mental dan Mata, Bila Anak Kecanduan Gadget

Selain itu, dengan berolahraga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan melepaskan hormon kortisol.

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan mental. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, setidaknya 5 hari dalam seminggu.

3. Makan Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik dan memberikan energi yang Anda butuhkan. Makanan yang sehat juga bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: