HONDA

4 Manfaat Sayur Gambas atau Oyong, Menurunkan Berat Badan Hingga Memperlancar Peredaran Darah

4 Manfaat Sayur Gambas atau Oyong, Menurunkan Berat Badan Hingga Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat Sayur Gambas Atau oyong yang Baik Untuk Kesehatan--Insatagram.com/ nkcafemalang

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dan dijadikan kuliner, yakni sayur gambas atau oyong.

Sayuran dengan nama ilmiah Luffa acutangula ini diketahui sering diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti tumisan, pecel hingga sup.

Nah, selain rasanya juga lezat dan segar, ternyata sayuran ini dianggap sebagai salah satu makanan yang sehat. Karena, ada berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jika mengonsumsinya. 


Manfaat Sayur Gambas Atau oyong yang Baik Untuk Kesehatan--Insatagram.com/ alhananmart

Secara garis besar, sayuran ini diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, masih ada berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan.

BACA JUGA:Tak Hanya Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Berdasarkan beberapa kandungan dari nutrisi yang dimilikinya, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi sayur gambas atau oyong, yakni: 

1. Memiliki Senyawa Anti Peradangan

Sayur gambas juga diklaim memiliki zat antiinflamasi dan analgesik yang alami.

Studi terbaru tentang potensi antioksidan dari biji gambas atau ekstrak bijinya menunjukkan bahwa keduanya mengandung efek antioksidan, antiinflamasi serta analgesik. 

Menurut para peneliti, efek ini mungkin disebabkan karena tingginya kandungan dari flavonoid dan asam fenolik yang ada didalam ekstrak bijinya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini Deretan Manfaat Daun Selasih untuk Penyakit Asma

Ada kemungkinan bahwa ekstrak bijinya juga bisa digunakan sebagai bahan yang alami untuk menghilangkan rasa sakit dari gangguan peradangan yang tertentu.

2. Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: