HONDA

Bukan Cuma Wortel! Ini 4 Jenis Makanan Kelinci yang Sehat dan Bergizi

Bukan Cuma Wortel! Ini 4 Jenis Makanan Kelinci yang Sehat dan Bergizi

Jenis Makanan Kelinci yang Sehat dan Bergizi--Instagram.com/ estidekalisa

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemberian makanan terhadap kelinci yang tepat adalah salah satu langkah yang penting untuk menjaga kesehatan hewan berbulu dan menggemaskan ini. 

Selain jenis makanannya, maka pola makan yang tepat juga perlu diperhatikan yang berguna untuk melindungi kelinci dari penyakit tertentu dan membuatnya tumbuh dengan baik.

Kelinci merupakan salah satu hewan herbivora, yaitu pemakan tumbuhan atau makanan nabati. Oleh karena itu, pola makan yang tinggi serat dan bergizi seimbang sangatlah penting untuk hewan ini. 

Apabila pola makannya salah, maka kelinci bisa akan rentan terkena gangguan kesehatan, yaitu seperti penyakit gigi dan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:8 Cara Merawat Kelinci Supaya Panjang Umur, Pemula Harus Tahu!

Selain itu, pastikan pula untuk selalu menyediakan mangkuk yang berisi air bersih pada saat hendak memberikan kelinci kesayangan Anda makanan, dan jangan lupa pula untuk rutin mengganti air minumnya setiap hari.

Pilih makanan kelinci yang bergizi supaya kelinci kesayangan Anda tetap sehat dan aktif.

Anda juga bisa untuk memberikannya beberapa jenis makanan kelinci yang sehat dan bergizi, seperti dibawah ini:

1. Jerami dan rumput

Makanan pokok yang alami untuk kelinci adalah jerami dan rumput. Kedua makanan ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.


Jenis Makanan Kelinci yang Sehat dan Bergizi--Instagram.com/ kuntumfarmfield

Sekaligus dapat untuk mencegah penyakit gigi yang rentan dialami oleh kelinci, idealnya porsi untuk pemberian jerami atau rumput untuk kelinci adalah sekitar 250 gram per kilogram berat badannya. 

BACA JUGA:Tindakan Cepat! 3 Pertolongan Pertama Kalau Kucing Mengalami Keracunan

Hal ini artinya, jika berat badannya kurang lebih 4 kg, maka ia akan membutuhkan sekitar 1 kg rumput atau jerami per harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: