HONDA

Kiprah Putra Daerah Bengkulu Brigjen TNI Djon Afriandi, Mewarisi Jejak Ayahnya Sebagai Perwira Militer

Kiprah Putra Daerah Bengkulu Brigjen TNI Djon Afriandi, Mewarisi Jejak Ayahnya Sebagai Perwira Militer

Mewarisi jejak ayahnya sebagai perwira militer, berikut kiprah putra daerah Bengkulu Brigjen TNI Djon Afriandi yang kini menjabat Danjen Kopassus.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BACA JUGA:Digitalisasi Berbasis Ekosistem: Meningkatkan Daya Saing dan Adaptasi Pasar

Sebagai seorang perwira tinggi TNI-AD, Brigjen TNI Djon Afriandi pernah menjabat sebagai Komandan Resimen Taruna Akmil mulai 21 Januari 2022. 

Djon Afriandi adalah lulusan SMAN 2 Bandung dan merupakan lulusan terbaik Akademi Militer serta menerima penghargaan Adhi Makayasa pada tahun 1995.

Brigjen Djon Afriandi adalah salah satu alumni Akmil 1995 yang menjabat sebagai bintang satu. Djon Afriandi dibesarkan di lingkungan Kopassus dan Paspampres.

Jabatan terakhirnya di Paspampres adalah sebagai Wakil Komandan Grup A dari tahun 2013 hingga 2014, sementara di Kopassus, beliau menjabat sebagai Komandan Grup 1/Kopassus pada tahun 2017.

BACA JUGA:Punya Holding Ultra Mikro, Saham BBRI Diprediksi Akan Terus Cetak Rekor

Setelah bertugas di Koorspri Kasad dari tahun 2017 hingga 2020, Djon kemudian menjabat sebagai Komandan Korem 012/Teuku Umar selama dua tahun.

Brigjen Djon kemudian dipercaya menjadi Komandan Resimen Taruna Akmil sejak tahun 2022.

Hingga akhirnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menunjuk Brigjen TNI Djon Afriandi sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Informasi selengkapnya klik di sini.

Ia menggantikan Mayjen Deddy Suryadi yang dipindahkan sebagai Pangdam IV/Diponegoro. Sebelumnya, Brigjen TNI Djon Afriandi merupakan Staf Khusus (Stafsus) KSAD.

BACA JUGA:Sambut HUT Ke-67 Bank BCA Beri Promo Besar-Besaran, Dapatkan Cashback dan Diskon Belanja di 8 Outlet Ini

Pergeseran jabatan ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 mengenai penunjukan dan pergantian jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Kebijakan ini melibatkan 38 perwira yang dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada Rabu, 21 Februari 2024.

Dengan penunjukan sebagai Danjen Kopassus, pangkat Djon Afriandi secara otomatis naik satu tingkat dari Brigjen TNI menjadi Mayjen TNI.

Seperti diketahui, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kembali melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan terhadap perwira tinggi (Pati) TNI dari tiga matra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: