HONDA

Presiden Joko Widodo, Anugerahkan Kenaikan Pangkat Instimewa Jendral Bintang 4 kepada Prabowo Subianto

Presiden Joko Widodo, Anugerahkan Kenaikan Pangkat Instimewa Jendral Bintang 4 kepada Prabowo Subianto

Presiden Joko Widodo, Anugrahkan Kenaikan Pangkat Instimewa Jendral Bintang 4 Kepada Prabowo Subianto --instagram/prabowo

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pada rapat pimpinan (Rapim) Tentara Negara Indonesia (TNI), 28 Februari 2024 kemarin, Presiden Joko Widodo anugerahkan kenaikan pangkat istimewa jendral bintang 4 kepada Prabowo Subianto.

Hal ini karena sebagai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai berjasa dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa, untuk itu Presiden Jokowi menganugerahkan penghargaan di Rapim TNI tahun 2024 di Mabes TNI, Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13/TNI/Tahun 2024 yang diteken oleh Presiden Jokowi pada 21 Februari 2024 lalu, Prabowo menerima kenaikan pangkat istimewa khususnya di bidang pertahanan dan keamanan.

Presiden RI Joko Widodo dalam kesempatan konfrensi pers usai hadiri Rapim TNI Polri tahun 2024, memberitahukan kepada masyarakat mengenai anugerah pangkat istimewa kepada Prabowo tersebut.

BACA JUGA:Pengembangan Food Estate Untuk Indonesia, Program Presiden Joko Widodo

"Prabowo ini sudah menerima anugerah bintang Yuda Dharma Utama atas jasa-jasanya dibidang pertahanan berkontribusi yang luar biasa bagi kemajuan TNI," ujar Presiden di kanal youtube Sekretariat Presiden, 28 Februari 2024.

Ditambahkan pemberian anugerah tersebut telah melalui verifikasi dari dewan gelar tanda jasa dan tanda penghormatan, kemudian panglima TNI mengusulkan untuk tanda tersebut diberikan kenaikan pangkat secara resmi.

"Berdasarkan usulan panglima TNI saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa Jendral bintang 4 kepada Prabowo," jelas Presiden Joko Widodo.

Tentunya pemberian pangkat istimewa ini menimbulkan pro dan kontra ditengah masyarakat, diketahui bahwa politik yang baru saja dilalui yakni pasangan wakil presiden dari Prabowo merupakan putra sulung Joko Widodo.

BACA JUGA:Edhie Baskoro Yudhoyono Peraih Suara Terbanyak se Indonesia, Keluarga Klan Presiden Mendominasi Pileg

Hal tersebut ditanggapi oleh Presiden RI bahwa penganugerahan pangkat tersebut bukan kali pertama dilakukan, namun sebelumnya pernah diberikan kepada Susilo Bambang Yudhoyono dan Luhut Binsar Panjaitan.

"Sesuatu yang sudah biasa di TNI maupun di Polri, jika ini transaksi politik sebelum pemilu sudah diberikan. Ini kan setelah pemilu jadi untuk menepis anggapan-anggapan seperti itu", ujar Presiden.

Gelar Prabowo itu menambah deretan purnawirawan TNI menerima penghargaan kenaikan pangkat istimewa jenderal kehormatan, diantaranya Luhut Binsar Pandjaitan, Susilo Bambang Yudhoyono, Hendropriyono, dan Sarwo Edhie Wibowo.

Dalam upacara pemberian kenaikan pangkat istimewa itu, orang dekat Prabowo terlihat hadir dan duduk di barisan depan, salah satunya putra tunggal Prabowo, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau dikenal Didiet Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: