HONDA

5 Tradisi Ramadhan yang Dirindukan, Ngabuburit Hingga Tadarusan di Masjid

5 Tradisi Ramadhan yang Dirindukan, Ngabuburit Hingga Tadarusan di Masjid

5 tradisi yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan ramadhan dari ngabuburit hingga tadarusan dirindukan umat Islam--Instagram/jejak.ervan

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena selalu ada tradisi yang unik yang hanya di bulan puasa ini adanya.

Ini 5 tradisi Ramadhan yang sering dirindukan oleh umat Islam khususnya di Indonesia, dari Ngabuburit hingga tadarusan di Masjid menjadi sebuah kebiasaan yang tak terlewati.

Masyarakat Indonesia terkenal sekali dengan berbagai budayanya, sehingga banyak sekali tradisi yang dilakukan oleh umat Islam yang anehnya hanya pada saat bulan puasa saja hadirnya.

Di berbagai daerah banyak sekali budaya dan tradisi untuk menyambut bulan puasa.

BACA JUGA:25 Ucapan Menyambut Ramadhan 2024 yang Penuh Doa dan Menyentuh Hati

Diantaranya dengan doa menyambut puasa untuk dipersembahkan kepada leluhur atau keluarga yang sudah meninggal dunia.

Begitupun ketika dalam puasa Ramadhan selalu saja banyak hal unik, meleburnya budaya dan ajaran Agama Islam membuat Indonesia memiliki tradisi unik dalam setiap perayaan keagamaan. 

Tradisi saat menyambut bulan Ramadhan adalah salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia dengan banyak keberagaman suku, bahasa, agama,dan budaya. 

1. Sahur On The Road

Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi sahur on the road, orang-orang berkumpul di jalan-jalan utama untuk makan sahur bersama keluarga dan kerabat bahkan memang dikhususkan untuk berbagi.

BACA JUGA:Sambut Bulan Suci Ramadhan, Lakukan 7 Amalan Ini Agar Ibadah Puasa Tanpa Gangguan

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah untuk semua umat Islam terkadang banyak sekali orang-orang ingin sedekah dengan cara Sahur on the road, mengajak teman-teman untuk saling mengasihi sesama yang tidak beruntung.

Hal tersebut menjadi tradisi oleh sebagian umat Islam yang ingin berkeliling sekalian memberikan rezeki kepada orang lain, selain itu ini juga bagus untuk mengikat silahturahmi.

2. Ngabuburit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: