HONDA

Demam Tinggi Suhu Diatas 39 Derajat, Kenali Gejala DBD pada Anak Jangan Sampai Menyesal

Demam Tinggi Suhu Diatas 39 Derajat, Kenali Gejala DBD pada Anak Jangan Sampai Menyesal

Musim Hujan Di Bengkulu, Kenali Gejala DBD Pada Anak Jangan Sampai Menyesal--Instagram/apotekduniasehat

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Musim hujan sedang tinggi melanda Provinsi BENGKULU hampir di seluruh wilayahnya, kenali gejala DBD atau demam berdarah dengue pada anak jangan sampai menyesal.

Dikutip dari Kemenkes.go.id bahwa DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yang sangat identik dengan musim hujan.

Dimana populasinya meningkat pada musim tersebut karena genangan air.

Walaupun dapat dilakukan pencegahan, namun penyakit DBD sangat perlu perhatian dari masyarakat karena gejala yang muncul hampir sama dengan penyakit demam biasa. 

BACA JUGA:Waspada! Musim Hujan Penyakit DBD Menyerang, Ini 5 Tips Pencegahan dari Gigitan Nyamuk

Jika tidak ditangani secepat mungkin, bisa saja akan berakibat fatal dan terjadi komplikasi yang bisa berujung kematian kepada pasien yang terjangkit penyakit DBD khususnya pada anak.

Gejala DBD yang patut diwaspadai, timbulnya karena penyakit ini memiliki tanda dengan gejala awal seperti tak nampak DBD.

Namun ada beberapa hal yang membedakannya dengan penyakit flu atau demam biasa pada anak sehingga perlu penanganan.

Apabila anak dengan kondisi gejala demam tinggi yang mendadak mencapai 40 derajat celcius maka patut dicurigai apalagi jika tidak disertai batuk dan pilek.

BACA JUGA:Peringatan Penting! Sudah Ada 50 Kasus DBD di Rejang Lebong Hingga Pertengahan Februari 2024

Ini 5 gejala umum DBD pada anak yang bisa dikenali tandanya ketika anak sedang demam dengan suhu diatas 39 derajat celcius yakni:

1. Ruam atau bintik merah dibawah kulit

Ketika anak demam lihatlah area sekitar tangan cobalah untuk menekankan dan lihat ada tidak ruam atau bintik merah dibawah kulit yang menjadi tanda umum penyakit DBD. 

Ciri khas tanda itu bisa dikenali apalagi ketika tubuh anak sedang mengalami panas akan lebih mudah melihatnya di area pergelangangan tangan hingga siku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"