HONDA

Ongkos Travel Naik, Dampak Bencana Pesisir Selatan Jalinbar Bengkulu-Sumbar Putus

Ongkos Travel Naik, Dampak Bencana Pesisir Selatan Jalinbar Bengkulu-Sumbar Putus

Ongkos travel naik akibat dampak Jalinbar Bengkulu-Sumbar putus, bencana Pesisir Selatan.--Facebook.com/LyonicaVentira

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM - Akibat hujan lebat yang terjadi pada 7-8 Maret 2024 lalu, masih meninggalkan duka yang mendalam untuk warga Kabupaten Pesisir Selatan (Pesel) Sumatera Barat.

Dampak bencana pesisir selatan Jalinbar Bengkulu-Sumbar putus membuat ongkos travel naik. Kabupaten Pesisir Selatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Mukomuko.

Menurut data yang dihimpun rakyatbengkulu.com, terdapat 11 titik dampak bencana banjir dan longsor pada sepanjang jalan lintas barat Sumatera.

BACA JUGA:Belasan Rumah Terancam Amblas ke Sungai, 6 Kecamatan di Mukomuko Terendam Banjir

Selain itu juga membuat jalan Bengkulu menuju Padang melalui Pesisir Selatan terputus.

Terdapat 11 titik terdampak bencana yang diantaranya, Kecamatan XI Koto Tarusan (Banjir dan longsor), Kecamatan Bayang (Banjir), Kecamatan Batang Kapas (Banjir dan longsor), Kecamatan Sutera (Banjir), Kecamatan Lenggayang (Banjir), Kecamatan Ranah Pesisir (Banjir).

Kecamatan Linggo Sari Baganti (Banjir), Kecamatan Basa Ampek Balai (Banjir), Kecamatan Ranah Ampek Huluh (Banjir), dan Kecamatan Lunang (Banjir).

Berhubungan dengan putusnya akses jalan menuju Kota Padang via Painan dari Bengkulu.

BACA JUGA:Petani Mukomuko Berjuang Sampai Darah Penghabisan, Hakim Terima Gugatan PT DDP Sebagian

Pengusaha travel Mukomuko jurusan Kota Padang, sebagian memilih Jalur alternatif memutar ke Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Kemudian masuk ke arah Provinsi Sumatera Barat.

"Jika biasanya unit armada kami menempuh perjalanan Mukomuko Padang hanya 6 jam sekarang bisa mencapai 10 jam. Sehingga otomatis ongkos yang normal biasa Rp170 ribu, karena memutar naik menjadi Rp300 ribu," ujar Hartanto salah satu Pengusaha Angkutan umum jurusan Mukomuko - Kota Padang dikutip dari KORANRB.ID.

BACA JUGA:Hasil Pleno KPU Provinsi Bengkulu: Ini 4 Caleg dari Mukomuko Sukses ke DPRD Provinsi

Selain itu berhubung dengan banjir bandang yang memporak porandakan Kabupaten tetangga Mukomuko ini, membuat akses jalan dari arah kota Padang banyak terputus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"