HONDA

Ini 3 Upacara Adat yang Dilakukan di Bali dalam Menyambut Hari Raya Nyepi, Berikut Fakta Menariknya

Ini 3 Upacara Adat yang Dilakukan di Bali dalam Menyambut Hari Raya Nyepi, Berikut Fakta Menariknya

Tradisi Nyepi Bagi Umat Hindu Nyambut 3 Upacara Adat Untuk Merayakan Tahun Baru Saka Di Bali--Instagram/cillo_beautyartstudio

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ini 3 Upacara Adat yang Dilakukan di Bali dalam Menyambut Hari Raya Nyepi, Berikut Fakta Menariknya.

Setiap Tahun Baru Saka, upacara adat selalu dirayakan oleh umat hindu. Bali merupakan salah satu tempat di Indonesia yang paling identik melaksanakan Hari Raya Nyepi.

Pulau Dewata ini biasanya hidup 24 jam. Namun, untuk merayakan Hari Raya Nyepi agar suasana khidmat dan berkaitan dengan aturan mengharuskan masyarakat nyepi di rumah.

Dalam tradisinya selama Hari Nyepi, masyarakat pun tidak diperkenankan untuk menyalakan cahaya dan api, sebagai rangkaian upacara adat sebelum dan sesudah perayaan Nyepi. 

BACA JUGA:Resep Makanan, Bebek Bengil Khas Bali Disajikan dengan Nasi Putih Hangat dan Sambal Matah, Enak Sekali !

Ritual 3 tradisi upacara adat yang dilangsungkan dalam menyambut Hari Raya Nyepi di Bali yaitu:

1. Upacara Melasti

Melaksanakan Upacara Melasti merupakan ritual pertama dalam perayaan Nyepi di Bali. Bertujuan untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan Nyepi dan pelaksanaanya di Pura.

Biasanya ritual Melasti dilakukan di pura yang berada dekat laut, salah satu rangkaian Nyepi di Bali ini berlangsung tiga atau empat hari sebelum ritual Nyepi diadakan.

2. Tawur Kesanga

Tradisi dilanjutkan dengan Tawur Kesanga atau Mecaru.

BACA JUGA:MyPertamina Tebar Hadiah 2024 Kembali Hadir, Program Promo Terbesar Persembahan Pertamina

Ritual ini biasanya dilaksanakan H-1 sebelum perayaan Nyepi, identik dengan pawai festival ogoh-ogoh oleh masyarakat Hindu Bali.

Ogoh-ogoh merupakan representasi dari sifat buruk dan jahat manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: