HONDA

Sambut Ramadhan, Ratusan Santri Ponpes Darussalam Bengkulu Ikuti Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut Pepsodent

Sambut Ramadhan, Ratusan Santri Ponpes Darussalam Bengkulu Ikuti Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut Pepsodent

Sambut Ramadhan, Ratusan Santri Ponpes Darussalam Bengkulu Ikuti Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut Pepsodent--Dok/rakyatbengkulu.com

BACA JUGA:Mengatasi Gigi Kuning Secara Alami dengan Garam dan Jeruk Nipis Dijamin Ampuh!

Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc menyampaikan, jika berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, 7 dari 10 orang Indonesia mengalami gigi berlubang.

"Sedangkan untuk Kota Bengkulu, masalah kesehatan gigi (rusak, berlubang, ataupun sakit) mencapai 33,10% dan hanya 2,88% yang mempunyai kebiasaan menyikat gigi pada waktu yang benar yakni setelah sarapan dan sebelum tidur. Hal ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal gigi dan mulut memiliki beragam fungsi yang digunakan sehari-hari seperti mengunyah, berbicara, dan tersenyum," katanya.

Senada disampaikan Perwakilan PDGI Bengkulu, drg. Ginanjar Rahmat Nugraha yang menyebutkan permasalahan gigi pada penduduk Bengkulu masih banyak ditemukan, ini terjadi karena ketidaktahuan mereka tentang kebiasaan menyikat gigi yang benar. 

"Maka dari itu, edukasi seperti itu perlu dilakukan, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadan. Kami selalu memberikan edukasi terkait perawatan gigi dan mulut, salah satunya adalah menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Harapan kami, masyarakat Bengkulu bisa semakin sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut," ucapnya.

BACA JUGA:Solusi Terampuh! Ini Tips Mengatasi Gigi Kuning dengan Timun dan Baking Soda

Salah satu santri Ponpes Darussalam Bengkulu yang merupakan siswa kelas 2 MTS, Kelvin mengaku senang bisa mengikuti program ini karena selain baru pertama kali, juga mendapatkan pengetahuan baru seperti pentingnya membersihkan lidah pada saat menyikat gigi. 

“Saya baru tahu kalau membersihkan lidah juga penting selain menyikat gigi di waktu yang benar. Saya akan berusaha untuk mengaplikasikan hal ini di kehidupan sehari-hari, terutama saat menjalankan puasa nanti," katanya.

Melihat respon baik dan antusiasme pada saat pelaksanaan Program Pelatihan Santri Berseri di Ponpes Darussalam Bengkulu termasuk di beberapa kota sebelumnya, mendorong Pepsodent untuk terus menggiatkan acara serupa di berbagai daerah di Indonesia. 

“Semoga program Senyum Sehat Indonesia ini bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Program ini akan terus berlanjut sepanjang tahun 2024 hingga akhir tahun melalui peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut atau World Oral Health Day (WOHD) dan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (BKGN) di berbagai kota di Indonesia,” tutup Ratu Mirah. 

BACA JUGA:Dijamin Ampuh! Begini Cara Mudah Menghilangkan Lecet pada Motor dengan Pasta Gigi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: