HONDA

DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Saat Ramadan dan Idul Fitri

DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Saat Ramadan dan Idul Fitri

Saat Ramadan dan Idul Fitri, DPRD Provinsi Bengkulu minta Pertamina pastikan stok BBM aman.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam menjalani bulan suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pertamina pastikan stok BBM untuk Provinsi Bengkulu aman.

Hal tersebut disuarakan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler SIP, MAP. Ia meminta Pertamina Bengkulu menjamin ketersediaan stok BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar di Bengkulu.

Menurut Dempo, BBM merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan masyarakat. Jika stok BBM di SPBU sering kosong, ini tentu menyulitkan aktivitas masyarakat.

"Apabila, kelangkaan BBM terus terjadi di Kota Bengkulu, ini akan berdampak pada harga bahan pokok," kata Dempo, Rabu, 13 Maret 2024.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan 2024 Pemerintah Provinsi Bengkulu Pastikan Stok BBM Aman Terkendali

Kelangkaan stok BBM ini terjadi di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bengkulu, terutama jenis pertalite terjadi sejak 3 hari terakhir.

Biasanya stok yang dimiliki per hari cukup hingga malam hari. Namun saat ini stok telah habis pada sore hari sehingga hal ini sangat menyulitkan masyarakat. 

"SPBU yang terpantau sering kali terjadi kekosongan yakni SPBU Kandang, SPBU Bumi Ayu, SPBU Air Sebakul, SPBU KM 6,5, SPBU KM 8, SPBU Penurunan, SPBU Tebeng dan juga lainnya," jelasnya.

Dempo menyampaikan, perencanaan stok BBM ini meski dikaji ulang dari awal. Sebab setiap hari besar seperti Ramadan dan Lebaran hal ini sering terjadi.

BACA JUGA:Salurkan BBM Subsidi Tepat Sasaran, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Siap Bersinergi

Menurutnya, pemerintah daerah bersama stakeholder terkait harus dari awal menanggulangi BBM langka, mengingat saat ini kita sedang menjalankan puasa Ramadan dan akan menyambut Idul Fitri.

"Sebenarnya tidak ada alasan stok BBM kosong kalau memang sudah dipersiapkan dari awal. Kalau terjadi artinya tidak dipersiapkan," ungkap Dempo.

Sementara itu, Cici Anggraini salah satu masyarakat yang ingin mengisi BBM terpaksa mengisi BBM eceran, sebab kosongnya stok pertalite di SPBU.

"Saya sudah memeriksa 3 SPBU, tapi habis semua. Bisa susah kalau beli eceran terus karena harga yang jauh berbeda," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"