HONDA

Musrenbang RKPD Kabupaten Mukomuko, Hasil Kinerja Meningkat Pembangunan Dilanjutkan

Musrenbang RKPD Kabupaten Mukomuko, Hasil Kinerja Meningkat Pembangunan Dilanjutkan

Hasil kinerja meningkat pembangunan dilanjutkan, Musrenbang RKPD Kabupaten Mukomuko.--dokumen/rakyatbengkulu.com

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko baru saja rampung melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Murenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten.

Kegiatan ini dalam rangka melakukan evaluasi dan proyeksi pembangunan di tahun yang akan datang. Sesuai dengan usulan-usulan yang disampaikan masyarakat dari Musrenbang Kecamatan.

Berdasarkan hasil evaluasi pada tahun 2023 kinerja perekonomian daerah dapat disimpulkan, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mukomuko mengalami trend fluktuatif.

Sektor pertanian berperan penting dalam perekonomian Kabupaten dengan distribusi PDRB 44,56 %, nominalnya sebesar Rp2,7 miliar lebih.

BACA JUGA:Putusan Mahkamah Konstitusi : Memperkuat Rohidin Mersyah Kembali Maju jadi Cagub Bengkulu Pemilukada 2024

Komponen rumah tangga berkontribusi Rp4,2 miliar. Sedangkan hasil kinerja pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) setiap tahunnya mengalami kenaikan rata-rata 0,46 %, dalam kurun waktu lima tahun meningkat 1,85 %.

Untuk kondisi kesejahteraan masyarakatnya, persentase penduduk miskin setiap tahun mengalami trend penurunan positif 0,68%  dari tahun 2022 lalu.

Sedangkan tingkat pengangguran terbuka mengalami trend fluktuatif dan cenderung penurunan dalam 3 tahun terakhir.

Untuk indeks Gini Kabupaten mengalami stagnansi di angka 0,26 dari tahun 2022.


Kegiatan ini dalam rangka melakukan evaluasi dan proyeksi pembangunan di tahun yang akan datang.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BACA JUGA:Peringatan! Beberapa Jenis Minuman yang Wajib Dihindari Ketika Berbuka Puasa

Berkaitan dengan capaian pembangunan total panjang jalan kewenangan Kabupaten 973 KM, pada tahun 2023 mengalami kenaikan 11,39 KM jalan dalam kondisi baik. 

Jika dilihat dari evaluasi capaian indikator makro pembangunan 2023 lalu. Untuk indeks pembangunan manusia target 69,45 %, tecapai 69,97 %.

Persentase penduduk miskin target 11,1 % capaian 10,76 %. Tingkat pengangguran terbuka target 3,29 % tercapai 3.14 %.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"